Asbes Berbahaya? Ini faktanya!

Asbes Berbahaya? Ini faktanya! Siapa di sini yang sudah tidak asing lagi dengan asbes? Apakah asbes itu? Apa kegunaannya? Apakah kita sering melihat? Dan masih banyak lagi pertanyaan mengenai asbes. Di artikel kali ini, kita akan sama-sama membahas mengenai asbes. Sebelum membahas lebih detail lagi, kita perlu memahami terlebih dahulu, apakah asbes itu? Asbes adalah suatu bahan mineral alami yang diolah bersama dengan bahan senyawa kimia lainnya untuk membuat bahan bangunan, yang paling umum adalah sebagai atap asbes. Di Indonesia, asbes ini dikenal dengan baik karena banyak digunakan oleh masyarakat sebagai pilihan untuk membuat atap mereka.

Menggunakan atap asbes sendiri pun memiliki pro kontra tersendiri. Jadi ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi pro dan kontra dalam menggunakan asbes khususnya sebagai bahan bangunan, dimana paling umum adalah sebagai atap.

 

Asbes Berbahaya? Ini faktanya!

Apa saja yang membuat asbes menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk digunakan?

Pertama , asbes terjangkau harganya. Jika memakai asbes, kita bisa berhemat dalam kontes kita untuk membangun rumah maupun untuk renovasi rumah.

Kedua , asbes mempunya daya tahan panas tinggi. Asbes dikatakan bisa menahan panas hingga 800 derajat sehingga tidak hanya digunakan pada perumahan saja namun dipakai juga di pabrik maupun industri lainnya.

Asbes Berbahaya? Ini faktanya!

Ketiga , asbes memiliki berat yang ringan. Asbes bisa dikatakan memiliki berat yang ringan untuk dijadikan atap. Karena beratnya ringan maka asbes ini lebih mudah untuk dipasang dan lebih menghemat uang serta tenaga. Ini karena bahan atap yang lebih berat juga memerlukan penyanggah yang lebih kokoh sehingga kita perlu mengeluarkan dana ekstra.

Yang terakhir , asbes sangat mudah diadapatkan di toko bangunan setempat. Kita tidak perlu susah-susah untuk mencari tempat membeli asbes karena semua toko bangunan menjual asbes untuk membangun rumah maupun bangunan lainnya.

Baca Juga : Tips Membersihkan Coretan Di Tembok !!

Selain kelebihan yang ada, asbes atau yang dikenal juga sebagai asbes tentunya memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan dari asbes :

Asbes tidak menyerap panas. Meskipun asbes bisa menahan panas hingga 800 derajat namun asbes tidak memiliki kemampuan untuk menahan panas. Ini akan membuat bangunan yang memakai asbes juga menjadi mudah panas. Jadi sebenarnya asbes tidak disarankan untuk digunakan di daerah tropis. Ini akan membuat keadaan bangunan semakin panas di bagian dalamnya.

Asbes Berbahaya? Ini faktanya!

Kemudian untuk desain, asbes tidak memiliki banyak desain dan cenderung monoton sehingga cenderung tidak menarik untuk dipakai karena terlihat sama pada semua bangunan. Ini akan membuat rumah atau bangunan terlihat kurang menarik.

Ditambah lagi dengan ringannya asbes, ini membuat asbes mudah sekali patah. Dalam proses pemasangan perlu sangat berhati-hati sehingga tidak menyebabkan asbes patah.

Asbes Berbahaya? Ini faktanya!

Yang paling parah adalah asbes dapat menimbulkan masalah kesehatan. Bagaimana bisa? Debu dan asap partikel mikro lainnya yang ada pada asbes membuat kesehatan kita terancam jika kita menghadapinya. Paru-paru kita bisa mengalami masalah apalagi jika ada asbes yang patah dan serpihannya terhirup oleh kita. Kita mungkin tidak menyadarinya karena partikel yang sangat kecil. Karena itu kita harus sangat berhati-hati jika ingin menggunakan asbes. Oleh karena itu sangat penting untuk mengganti asbes yang rusak secara langsung tidak mengganggu kesehatan kita. Bahkan, beberapa pemkot di Indonesia juga melarang pemakaian asbes dalam pembangunan rumah karena khawatir akan jangka panjang yang dapat mengancam kesehatan pernafasan masyarakat setempat.

 

Setelah mengetahui fakta yang ada, apakah kita masih mau memakai asbes untuk membangun rumah kita? Jawabannya tentu kembali kepada kita masing-masing dan juga semuanya harus disesuaikan dengan dana yang ada. Kemudian, alias nada pertanyaan, apa ada alternatif lain selain asbes? Tentu saja ada, Sakura Land menggunakan atap genteng beton sebagai atap untuk setiap rumah yang dibangun. Mengapa atap genteng beton? Ini karena atap genteng beton sangat cocok untuk dipakai membangun rumah minimalis.

Asbes Berbahaya? Ini faktanya!

Selain itu, atap genteng beton juga tidak hanya menahan panas tapi menyerapnya, desainnya juga menarik. Ditambah lagi dengan ketahanannya yang kuat sehingga tidak mudah rusak. Menarik bukan? Inilah mengapa Sakura Land menggunakan genteng beton sebagai bahan atap rumah yang ada.

Semoga artikel kali ini bisa menjadi informasi yang menarik untuk teman-teman semuanya sehingga kita bisa menentukan pilihan terbaik yang sesuai dengan keinginan kita. Yang pasti, kalau lagi cari rumah, langsung kontak mimin saja, mimin siap membantu!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.