Rumah Cluster atau Non Cluster

Pada zaman sekarang ini, banyak sekali yang menjadi pertimbangan kita ketika merencanakan untuk membeli sebuah rumah. Tidak hanya harga maupun model, namun hal seperti Rumah Cluster atau Non Cluster juga menjadi pertimbangan bagi kita dalam perencanaan yang ada. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui apa bedanya Rumah Cluster dan Rumah Non Cluster.

Ada beberapa hal penting yang perlu kita ketahui mengenai Rumah Cluster dan Rumah Non Cluster sehingga kita tidak salah memilih rumah yang kita inginkan. Kita akan bersama-sama membahas apa saja hal-hal mendasar yang menjadi perbedaan antara Rumah Rumah Cluster dan Rumah Non Cluster.

  1. pengertian

Kita perlu memiliki pengertian yang sama terlebih dahulu mengenai apa yang sebenarnya dimaksud dengan Rumah Cluster dan Rumah Non Cluster. Rumah Cluster adalah konsep penutupan yang di dalamnya terdapat banyak unit rumah dalam satu lingkungan dengan bentuk yang seri dan seragam dengan yang lainnya. Rumah Non Cluster adalah rumah yang memiliki desain beragam, tidak hanya belajar pada satu bentuk saja. biasanya rumah jenis ini banyak berlokasi di daerah pinggiran kota.

Baca Juga : Tips Merawat Sofa berbahan Oscar/Semi Kulit !

 

  1. lingkungan

Faktor lingkungan dalam memilih tempat tinggal penting. Pada Rumah Cluster, lingkungan sekitar terasa lebih individualis karena biasanya Rumah Cluster lebih kecil cakupannya jika dibandingkan dengan Rumah Non Cluster. Maka Rumah Non Cluster akan lebih terasa ramai karena ada faktor tetangga. Biasanya warga setempat mengenal satu sama lain karena lama tinggal bersama di lingkungan Rumah Non Cluster.

 

  1. Keamanan

Hanya dalam hal keamanan, Rumah Cluster memiliki satu gerbang keluar dan masuk dan pasti akan ada petugas keamanan. Setiap warga yang ada biasanya akan diberikan kartu akses atau stiker kendaraan khusus warga. Dan tentunya akan ada petugas keamanan yang berjaga selama 24 jam. Pada Rumah Non Cluster biasanya banyak memiliki gerbang atau pintu keluar lebih dari satu dan tidak semua akses keluar tersebut memiliki penjagaan keamanan sehingga siapa saja bisa masuk ke area tempat tinggal Rumah Non Cluster.

Baca Juga : Keunggulan Kusen Galvalum jika dibandingkan dengan Kayu !!

  1. Fasilitas

Rumah Cluster tentunya memiliki fasilitas yang lebih lengkap dan hanya untuk penghuni di komplek Rumah Cluster tersebut sehingga tidak semua orang bisa datang dan masuk untuk menggunakan fasilitas yang sudah disediakan. Tidak hanya itu, sekarang ini banyak juga developer yang menawarkan Rumah Cluster dengan sistem smart home . Dan Sakura Land ada salah satu property developer yang mengembangkan Rumah Cluster dengan sistem smart home dengan harga yang bersaing. Rumah Non Cluster adalah kebalikannya. Biasanya jenis perumahan ini tidak memiliki fasilitas yang memadai dan hanya mengandalkan fasilitas umum yang tersedia dari pemerintah daerah setempat saja.

Lihat Juga : Rumah Komersil Cicilan Flat sampai Lunas !!

  1. Jumlah Rumah

Pada Rumah Cluster, jumlah rumah disesuaikan dengan area yang tersedia sehingga Rumah Cluster menjadi lebih eksklusif. Itulah mengapa jumlah Rumah Non Cluster biasanya lebih sedikit bahkan terbatas. Untuk Rumah Non Cluster, jumlah rumahnya lebih banyak dan tidak beraturan karena biasanya Rumah Non Cluster masih menggunakan sistem tata rumah yang lama, yaitu membangun banyak rumah pada area yang kosong sehingga tidak teratur.

 

  1. Nilai Investasi

Seperti yang kita ketahui Rumah Cluster biasanya mematok harga yang lebih mahal daripada Rumah Non Cluster. Hal ini dikarenakan Rumah Cluster dibangun secara khusus bahkan terbatas dengan konsep yang eksklusif. Meskipun demikian, nilai investasi untuk tetap menjanjikan dan menguntungkan jika kita ingin berinvestasi. Ini terbalik dengan Rumah Non Cluster, meskipun Rumah Non Cluster memiliki harga lebih rendah namun nilai investasinya lebih rendah karena kenaikan harganya tidak terlalu tinggi dan cenderung lambat. Hal ini tentunya tidak terlalu menguntungkan jika kita ingin berinvestasi di Rumah Non Cluster.

 

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi informasi tambahan untuk kita pada saat akan membeli sebuah rumah. Kita harus memastikan bahwa rumah yang kita beli merupakan rumah yang sesuai dengan impian kita sehingga kita tidak merasa rugi. Jadi, kalian lebih suka Rumah Cluster atau Rumah Non Cluster? Kalau kalian butuh info atau penjelasan lebih lanjut, silakan langsung hubungi mimin ya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.