Seberapa Penting Ruang Terbuka Hijau (RTH)?

Siapakah di antara kita yang suka menikmati pepohonan yang rindang ditambah dengan pemandangan hijau yang menyegarkan mata? Tentunya kebanyakan orang yang tinggal di perkotaan suka dengan hal tersebut. Kali ini kita akan bersama-sama membahas mengenai Seberapa Penting Ruang Terbuka Hijau (RTH)?

Sebelum kita membahas pentingnya Ruang Terbuka Hijau, kita perlu mengerti terlebih dahulu apakah Ruang Terbuka Hijau? Seperti dilansir dari DPU Kulon Progo, Ruang Terbuka Hijau adalah area memanjang/jalur dan atau mengelompok, yang penggunaannya lebih bersifat terbuka, tempat tumbuh tanaman, baik yang tumbuh tanaman secara alamiah maupun yang sengaja ditanam. Ruang Terbuka Hijau ini juga biasanya dikelola oleh pemerintah daerah maupun kota untuk kepentingan bersama masyarakat setempat.

Ruang Terbuka Hijau ini memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari kita secara tidak langsung dan sering tidak kita sadari. Kita akan bahas beberapa alasan mengapa Ruang Terbuka Hijau itu penting.

mungkin Penting Ruang Terbuka Hijau (RTH)?

  1. Fungsi umum

Seperti yang tadi disebut, Ruang Terbuka Hijau bisa dikategorikan sebagai salah satu sarana umum yang dibuat untuk dapat diberdayakan oleh masyarakat setempat. RTH bisa digunakan sebagai tempat untuk menikmati waktu bersama keluarga maupun untuk menikmati keindahan alam yang ada. RTH juga bisa menjadi tempat untuk berolahraga karena keasrian lingkungannya yang baik. Kita bisa menikmati indahnya alam sambal berolahraga di RTH.

Baca Juga : Asbes Berbahaya? Ini Faktanya !!

mungkin Penting Ruang Terbuka Hijau (RTH)?

  1. Fungsi ekologis

Ruang Terbuka Hijau juga dibuat untuk dapat menjadi sebuah bagian dari sistem sirkulasi udara yang baik untuk area sekitarnya. Karena tanaman yang ada di RTH maka RTH dapat menajdi sumber oksigen yang baik dan bahkan menjadi area serapan air hujan yang baik. Hal ini juga secara tidak langsung dapat menanggulangi masalah banjir yang ada di sekitarnya. Beberapa RTH juga bisa digunakan untuk menjadi habitat bagi satwa sehingga bisa membantu untuk melestarikan satwa tersebut. RTH bisa juga kita sebut sebagai paru-paru kota karena fungsi ekologisnya.

Baca Juga : Seberapa Penting RTH Untuk Lingkungan Perumahan ?

mungkin Penting Ruang Terbuka Hijau (RTH)?

  1. Fungsi ekonomi

Ruang Terbuka Hijau bisa membantu untuk meningkatkan perekonomian secara tidak langsung karena masyarakat juga bisa mencoba menanam tumbuhan yang bisa dijual seperti buah-buahan, bunga dan sayur mayur. Hasil alam tersebut bisa dijual kembali ke masyarakat setempat dengan syarat mengikuti peraturan yang ada. Jika dikembangkan lebih jauh lagi juga bisa menjadi sebuah perkebunan dan bahkan kehutanan. Tentunya ini semua harus dilakukan dengan seijin dan pengawasan dari pemerintah daerah setempat.

 

mungkin Penting Ruang Terbuka Hijau (RTH)?

  1. Fungsi Pendidikan

Apa hubungannya Ruang Terbuka Hijau dengan pendidikan? Tentu saja ada. Melalui RTH, banyak pelajar yang bisa mempelajari mengenai alam lebih jauh lagi khususnya tumbuh-tumbuhan. Banyak juga para pelajar yang bahkan bisa melakukan penelitian atau mempelajari bahkan meneliti lebih jauh mengenai tanaman yang berada di RTH. Dengan demikian RTH menjadi sarana pembelajaran nyata bagi para pelajar sehingga mereka juga bisa mengenal alam dengan baik dan mengajarkan mereka juga untuk lebih bersemangat dalam menjaga kelestarian alam.

 

mungkin Penting Ruang Terbuka Hijau (RTH)?

  1. Fungsi estetika

Karena Ruang Terbuka Hijau adalah area yang sengaja dirancang dengan tanaman- tanaman maka sudah pasti RTH menjadi area yang estetik, tidak hanya menjadi area yang sedap untuk dipandang karena keindahan dari RTH tersebut, RTH bisa dikatakan sebagai “hiasan” alami bagi tempat dimana RTH tersebut dibuat. Hal ini juga membuat keseimbangan antara alam dan daerah sekitarnya sehingga terlihat serasi dan harmonis.

Setelah kita membahas beberapa fungsi dan peran Rumah Terbuka Hijau, tentunya sekarang kita bisa memahami dengan jelas tentang Pentingnya Ruang Terbuka Hijau (RTH)? Tentu jawabannya adalah sangat penting. Ruang Terbuka Hijau ini juga perlu dikembangkan tidak hanya di tengah kota maupun tempat-tempat yang lebih ramai penduduknya. Di dalam perumahan pun bisa dibuat RTH sehingga membuat perumahan yang ada menjadi lebih “hijau” dan asri. Dengan demikian, perumahan tersebut juga dapat membantu untuk menjaga kelestariang lingkungan sekitarnya.

Apakah Anda ingin memiliki rumah di perumahan yang juga memiliki Ruang Terbuka Hijau? Segera hubungi mimin ya biar mimin bantu untuk carikan rumah terbaik buat kalian.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.