Tips Membeli Rumah Untuk Milenial

Halo geas! Ketemu mimin lagi nih. Memiliki rumah tentunya menjadi impian bagi banyak orang terutama kaum Milenial yang sekarang sedang pada masa produktifnya. Memiliki pekerjaan yang mapan dan pemasukan yang stabil membuat para Milenial berpikir untuk paling tidak memiliki aset berupa tempat tinggal bagi mereka maupun keluarga mereka nantinya. Yang menjadi pertanyaan adalah apa saja yang harus diketahui oleh para Milenial sebelum memutuskan untuk membeli sebuah rumah impian? Tentunya banyak sekali hal yang harus diperhatikan dan berikut adalah 5 Tips Membeli Rumah Untuk Milenial yang bisa membantu anda para Milenial pada saat memutuskan untuk membeli rumah impian anda.

Tips Membeli Rumah Untuk Milenial

  1. Cari Perumahan Baru dari Developer Terpercaya

Perumahan baru memiliki daya tariknya sendiri dalam berbagai hal. Dimulai dari harga bersaing yang ditawarkan sampai ke model rumah yang menarik dan modern seperti rumah minimalis yang digemari saat ini. Inilah mengapa perumahan baru membangun rumahnya dengan model rumah minimalis karena rumah inilah yang banyak diincar oleh kaum Milenial. Tentunya anda harus memastikan dengan baik kredibilitas dari developer perumahan baru tersebut. Jangan sampai anda menjadi korban penipuan karena developer yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga : Keuntungan Memiliki Rumah Hook !

Tips Membeli Rumah Untuk Milenial

  1. Manfaatkan KPR dengan Bunga Tetap

Di masa sekarang ini banyak sekali Bank yang menawarkan Bunga Tetap atau Fixed Interest untuk perumahan baru khususnya. Apalagi di pandemi ini, pihak BI juga menetapkan Bunga Tetap sebesar 3,0% untuk KPR. Anda hanya perlu mencari Bank yang memiliki penawaran tersebut dan memastikan juga berapa lama anda ingin mencicil rumah impian anda. Semua ini harus disesuaikan dengan kemampuan ekonomi anda sebagai Milenial yang bijaksana. Jangan sampai rumah impian anda malah menjadi beban. Pilihlah Bank yang menawarkan Bunga Tetap KPR yang rendah dan Tenor yang Panjang untuk memperkecil nominal cicilan perbulannya.

Baca Juga : Pilih Rumah Tapak atau Apartemen ?

Tips Membeli Rumah Untuk Milenial

  1. Pastikan Fasilitas Perumahan Lengkap

Ketika anda memutuskan untuk membeli rumah impian anda, sangatlah penting bagi anda untuk memperhatikan fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh perumahan tersebut. Fasilitas yang tergolong penting dan wajib adalah tempat ibadah, sentra olahraga / lapangan, taman bermain anak dan keamanan 24 jam. Fasilitas tersebut adalah fasilitas dasar yang perlu dimiliki oleh sebuah perumahan pada umumnya. Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut, anda tidak perlu memikirkan bagaimana nanti anda menjalani rutinitas anda karena semuanya sudah ada di dekat anda. Pasti akan sangat menyenangkan tinggal di sebuah rumah minimalis di sebuah perumahan yang lengkap fasilitasnya.

Baca Juga : Hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajukan KPR !!

Tips Membeli Rumah Untuk Milenial

  1. Pastikan Adanya Transportasi Umum

Banyak para Milenial yang sudah lebih dulu memiliki kendaraan pribadi di masa sekarang ini, namun masih banyak juga yang belum menjadikan kendaraan pribadi sebagai prioritas mereka. Oleh karena itu, mencari perumahan yang memiliki akses ke transportasi umum sangatlah penting, jangan  sampai kegiatan anda terganggu hanya karena rumah yang anda tinggali tidak memiliki akses ke transportasi umum atau jauh dari akses menuju jalan utama. Maka pastikan lokasi rumah anda cukup strategis dalam hal ini.

Lihat Juga : Rumah Minimalis dengan Smarthome dan ada Fasilitas Clubhouse !!

Tips Membeli Rumah Untuk Milenial

  1. Sisihkan Biaya Untuk Mengisi Rumah

Setelah berhasil membeli rumah impian anda, tugas anda tidak selesai sampai di situ. Anda juga perlu mengingat bahwa rumah yang anda beli juga perlu dipercantik dengan mebel atau perabotan rumah. Hal ini juga membutuhkan cukup banyak dana, jadi pastikan anda juga sudah membuat budget khusus untuk hal ini. Sebagai kaum Milenial yang cermat, anda bisa akali dengan membeli perabotan dasar rumah yang lebih sering terpakai lebih dahulu seperti kasur, lemari pakaian, sofa, kulkas, televisi dan peralatan dapur. Dengan demikian, rumah anda sudah siap untuk dihuni. Akan sangat bagus jika anda bisa membeli perabotan rumah anda secara tunai namun cicilan tanpa bunga juga bisa menjadi pilihan bagi anda sehingga pembelian perabotan untuk rumah impian anda tidak membebani.

 

Tips-tips tersebut di atas adalah hal-hal dasar yang penting untuk anda pastikan sebagai kaum Milenial yang baru pertama kali membeli rumah. Selain tips-tips yang sudah dibahas tadi, ada juga hal lainnya yang bisa disiasati saat hendak membeli rumah impian anda. Misalnya saja, sekarang ini banyak juga perumahan baru yang menawarkan cicilan rumah tanpa DP, hanya saja cicilan bulanan anda akan menjadi sedikit lebih besar nominalnya tapi anda tidak perlu pusing untuk mengumpulkan uang DP yang biasanya sebesar 30% dari harga rumah. Akan tetapi, anda juga perlu menyiapkan dana lebih untuk mengurus dokumen rumah impian anda, yang jumlah nominalnya bisa anda ketahui dari pihak pemasaran developer perumahan yang ingin anda beli.

Terlepas dari semua hal-hal yang sudah dibahas tersebut, yang paling penting adalah sebagai kaum Milenial yang bijaksana, anda perlu memastikan kesiapan anda secara finansial secara matang sebelum memutuskan untuk membeli rumah impian anda. Pastikan rumah tersebut memang rumah yang anda inginkan dan anda sudah siap untuk menjalani proses untuk membeli rumah impian tersebut.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.