Tips Wawancara Kerja

Halo gengs, balik lagi sama mimin sakura nih ! :D. antara sahabat sakura ada yang dalam waktu dekat ini akan mengikuti wawancara kerja ? pas banget! karena sekarang mimin akan berbagi tips wawancara kerja .

Bagi sebagian orang, wawancara kerja adalah hal yang dapat membuat takut. Karena kita akan khawatir dengan hasilnya. Apakah kita akan menerima atau sebaliknya, sehingga hal ini pada akhirnya membuat kita cemas dan sulit untuk fokus saat menjawab pertanyaan dari perekrut. Di bawah ini mimin berikan sedikit tips untuk menghadapi wawancara kerja agar kita lebih siap dalam menjawab setiap pertanyaan, cekidoott !

Baca Juga : Apa itu Panel Surya ? dan Apa Keuntungannya bagi kita ?

Tips Wawancara Kerja

  1. lakukan riset tentang posisi yang kalian lamar

Pada saat sesi wawancara, HR/manajemen perusahaan biasanya akan bertanya apa yang kita ketahui tentang posisi yang kita lamar. Lebih baik jika kita adalah fresh graduate atau tidak berasal dari background/posisi yang sama seperti yang ada dalam informasi lowongan kerja yang kita terima. Membaca dan mencari tau terkait posisi yang kita lamar akan membantu kita dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Recruiter.

  1. Cari tahu tentang informasi perusahaan tempat kita melamar

Hal ini bisa membantu kita saat HR bertanya “apa yang kamu ketahui tentang perusahaan ini?” pertanyaan sejenis ini kerap muncul dalam sesi wawancara kerja. Biasanya manajemen perusahaan ingin mengetahui sampai sejauh mana kita mengetahui perusahaan tersebut.

Lihat juga : Rumah Komersil dengan cicilan 80ribuan perhari !!

Tips Wawancara Kerja

  1. Gunakan pakaian formal & taati protokol kesehatan

Pada bagian ini usahakan untuk tampil rapi dan resmi pada saat wawancara kerja, perekrut akan menilai hal tersebut sebagai nilai plus yang baik dan kita akan terlihat lebih siap. Jika wawancara dilakukan tatap muka, selalu sedia masker dan hand sanitizer agar tetap terjaga.

Baca Juga : Keuntungan memiliki Ceiling Tinggi

Tips Wawancara Kerja

  1. Masuk ruangan dengan sopan

Perekrut tidak hanya menilai dari jawaban atas pertanyaan yang telah dilemparkan kepada kita.melainkan juga etika kita dan hal lainnya. Jadi masuk lah ke dalam ruangan wawancara dengan sopan, ketuk pintu dan selamat pagi/siang/sore. Jangan membelakangi perekrut atau orang-orang yang berada di dalam ruangan.

  1. Tetap tenang dan jawab setiap pertanyaan dengan jelas

Jangan lupa, buatlah diri kita merasa nyaman sebelum wawancara agar kita bisa tetap tenang. Berikan jawaban terbaik kita dengan jelas, jangan hanya menjawab “ya” atau “tidak”, tapi jangan juga memberikan jawaban yang terlalu panjang, hindari memberikan jawaban yang tidak perlu. Biasanya calon karyawan membubuhkan kemampuan tidak menguasai CV seperti skill kepemimpinan, skill komunikasi, dll. jelaskan kemampuan tidak disebutkan dengan baik.

 

Tips Wawancara Kerja

  1. Berikan kesan positif

Saat seorang HRD bertanya apa alasan keluar dari sebelumnya, memberikan jawaban yang negatif dan menjelekkan perusahaan tempat kita bekerja sebelumnya, berikan jawaban yang positif seperti ingin mencari tantangan baru, ataupun berhenti karena telah berakhirnya kontrak kerja.

  1. Ajukan pertanyaan

Manajemen akan tertarik dengan calon karyawan yang antusias mengikuti wawancara kerja, salah satu tanda bahwa seorang calon karyawan antusias dengan wawancara kerja adalah dengan bertanya. Kita bisa mengajukan pertanyaan ringan seperti “bagaimana budaya kerja di perusahaan ini?”. HR biasanya menilai orang-orang yang tidak bertanya sebagai orang yang tidak bersemangat dan pasif.

Baca juga : Perbedaan SHM dan SHGB !!

Tips Wawancara Kerja

  1. Jangan lupa terima kasih

Ucapkan terima kasih saat sesi wawancara telah usai, “terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk mengikuti sesi wawancara ini, saya sangat tertarik dan tidak sabar untuk bergabung dan memberikan kontribusi kepada perusahaan ini” ucapan terima kasih yang diberikan sebagai bentuk menghargai kepada perekrut dan perusahaan tersebut karena memberikan kita kesempatan untuk mengikuti wawancara kerja.

Ingat gaes, jika kita merasa usaha yang kita lakukan sudah maksimal namun belum diterima oleh perusahaan tersebut, artinya kita tidak gagal. Setiap manusia memikiki keunikannya masing-masing. Jika kita tidak lolos dalam wawancara bisa jadi karena keunikan kita tidak cocok untuk perusahaan tersebut.

Tetap semangat gengs dan jangan mudah putus asa. Nah, itu dia sedikit tips dari mimin, semoga bermanfaat ya. Terima kasih untuk yang sudah mampir dan membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ! tetap aman semuanya! 😀

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.