Hal-hal Yang Biasa Dipersiapkan Sebelum Mudik

Hal-hal Yang Biasa Dipersiapkan Sebelum Mudik

Hal-hal Yang Biasa Dipersiapkan Sebelum Mudik

Halo gaes ! balik lagi nih sama mimin sakura, hehe. Kalian sudah ada yang mau berangkat mudik belum nih ? pasti senang banget ya rasanya bisa kembali berkumpul dengan keluarga besar di kampung halaman setelah satu tahun lamanya tidak bertemu. Nah, kali ini mimin mau kasih beberapa info terkait apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mudik.

Pemerintah telah memprediksi puncak arus mudik terjadi antara 28 April hingga 30 April 2022, jadi alangkah lebih baiknya jika sahabat sakura bisa berangkat sebelum tanggal tersebut.

Saat ini pemerintah telah memberlakukan peraturan terbaru bagi para pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) khususnya terkait dengan kegiatan mudik lebaran 2022 ini, berikut adalah aturan terbarunya gaes :

  • Bagi para pelaku perjalanan dalam negeri yang akan mudik ini tidak diwajibkan menunjukkan hasil swab antigen atau PCR negative jika sudah mendapatkan vaksin dosis ketiga atau booster.
  • Pelaku perjalanan mudik yang belum mendapatkan vaksin booster (sudah vaksin tahap 2) wajib untuk menunjukkan hasil test negative rapid test antigen yang sampelnya telah diambil setidaknya dalam kurun waktu 1 x 24 jam, atau hasil tes negative PCR yang sampelnya telah diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.
  • Jika kalian baru menerima vaksin dosis pertama maka wajib menyertakan hasil negative test RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24jam.
  • Kalau kalian belum menerima vaksin tahap satu ataupun dua karena sebuah alasan medis, kalian wajib untuk menyertakan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah bahwa kalian dinyatakan belum dan/ tidak bisa menerima vaksin covid-19, selain itu kalian juga wajib untuk menunjukan hasil negative test RT-PCR yang sampelnya sudah diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam.
  • Usia di bawah 6 tahun tidak diwajibkan dengan ketentuan vaksinasi dan test antigen, namun wajib melakukan perjalanan dengan pendamping yang memenuhi ketentuan vaksinasi dan pemeriksaan kesehatan yang berkaitan dengan Covid-19, juga termasuk menerapkan protocol kesehatan secara ketat.
  • Anak-anak dan remaja dengan rentang usia 6 sampai dengan 17 tahun dan sudah menerima vaksin dosis kedua dikecualikan terhadap ketentuan hasil negative rapid test, tapi tetap menunjukkan sertifikat vaksin.

Di bawah ini sudah mimin rangkum beberapa persiapan yang bisa sahabat sakura terapkan agar mudik tahun ini bisa berjalan dengan lancar, aman, dan nyaman. yuk kita baca artikelnya, cekidoottt !

  1. Pastikan kondisi fisik prima

Sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan kondisi badan kita sehat dan normal. Tidak dalam keadaan yang lemah atau pun sakit. Baik melakukan perjalanan dengan public transportation ataupun kendaraan pribadi. Jangan sampai terjadi suatu hal yang kita tidak inginkan selama di perjalanan ya gaes !

Baca Juga : Hidangan Wajib Idul Fitri !!

  1. Kondisi kendaraan prima & dilengkapi dengan peralatan penunjang

Cek keadaan kendaraan kita sebelum melakukan perjalanan mudik, hal ini sangat penting untuk dilakukan mengingat sangat berkaitan dengan keselamatan pribadi dan juga orang lain. Dan jangan lupa untuk selalu berkendara sesuai dengan aturan, jangan melawan arus dan jangan menggunakan telepon genggam saat berkendara, tetap focus saat berkendara dan jangan memaksakan diri ya gaes, jika mengantuk lebih baik segera mencari tempat untuk beristirahat.

Jangan lupa untuk membawa perlengkapan seperti ban serep, dongkrak, dan perlengkapan mekanik lainnya ya !

  1. Membawa obat pribadi

Jangan sampai lupa dengan poin ini ya gaes, membawa obat-obatan pribadi juga penting untuk dilakukan agar kita lebih siap dengan segala kemungkinan medis yang bisa saja terjadi selama perjalanan.

Lihat Juga : Beli Rumah di Sakura Sejahtera banyak Bonusnya !!

  1. Pelajari Rute

Mempelajari rute perjalanan juga penting untuk dilakukan, dengan mempelajari rute kita bisa mengetahui lokasi-lokasi tempat beristirahat seperti rest area ataupun posko kesehatan mudik, selain itu kita juga bisa memprediksikan rute-rute yang biasa terjadi kemacetan.

  1. Bensin dan E-toll

Banyak yang menyepelekan hal ini loh gaes, padahal bensin dan saldo e-toll juga penting untuk dipersiapkan, jangan sampai kendaraan kita mati di tengah jalan yang jauh dari lokasi pom bensin, atau saldo e-toll kita tidak mencukupi dan pada akhirnya kita kesulitan mencari lokasi ATM Center ataupun tempat-tempat yang menerima pengisian e-toll ini. Jadi, pastikan e-toll dan bensin kita mencukupi ya gaes.

  1. Perbekalan

Karena perjalanan dilakukan saat masih berpuasa, ada baiknya jika kita sudah siap dengan perbekalan makanan, agar selama di perjalanan kita tidak kesulitan untuk mendapatkan makanan mengingat saat bulan puasa biasanya tempat makan akan penuh dan pastinya kita akan menunggu lama untuk bergantian makan dengan pengunjung lainnya.

  1. Bawa tambahan masker dan sanitizer

Persediaan masker dan sanitizer juga penting untuk dipersiapkan gaes, tapi bawa secukupnya saja ya, jangan berlebihan. Saling menjaga satu sama lain dari virus Covid-19 adalah tanggung jawab kita bersama.

Nah, itu lah beberapa hal yang bisa mimin kasih ke sahabat sakura yang ingin melakukan perjalanan mudik, semoga euforia dan perjalanan mudik tahun ini bisa berjalan dengan lancar, aman, dan nyaman bagi semua yang berhasil ya! semoga artikel ini juga bermanfaat bagi semua. Jangan lupa untuk selalu patuhi protokol kesehatan yang berlaku di manapun kita berada, ya.

Tetap aman semuanya! 😀

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.