Tradisi Hari Raya Idul Fitri Di Indonesia

Tradisi Hari Raya Idul Fitri Di Indonesia

Tradisi Hari Raya Idul Fitri Di Indonesia

Hai gaes! mimin sakura di sini 😀

Kalian setuju gak sih kalau THR masuk dalam tradisi Idul Fitri di negara kita ? biasanya THR diberikan dari orang tua ke anak-anaknya, atau anak-anak ke orang tuanya. Tradisi ini sudah cukup lama membudaya di Indonesia loh !

Jadi sebenarnya ada apa saja ya tradisi yang dilakukan pada saat lebaran Idul Fitri di Indonesia? Yuk gaes sama-sama kita baca beberapa tradisi yang biasa dilakukan pada saat lebaran di Indonesia. Cekidoott!

Baca Juga : Hal-Hal yang Biasa dipersiapkan sebelum mudik !!

  1. Takbiran Keliling

Siapa di sini yang masih suka ikut keliling untuk takbiran ? asik banget ya. Nah salah satu tradisi ini juga masih dijalankan hingga kini loh. Selama pandemi ini memang aktivitas di luar rumah lebih berkurang. Sejak saat kegiatan sosial, acara besar di longgarkan aktivitas ibadah dan sudah diizinkan, namun dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Jika kalian berniat untuk melakukan takbir keliling bersama teman-teman, tetap perhatikan protokol kesehatan ya. Seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

 

  1. THR

Rasanya THR sudah menjadi hal yang wajib ada ya, hehe. Eits tapi mempersembahkan THR ini dilakukan tanpa paksaan lho. Setiap Idul Fitri biasanya orang tua akan memberikan THR kepada anak-anaknya, masih bisa gak nih? tidak jarang juga anak-anak yang memberikan THR kepada orang tuanya. Pemberian THR ini juga menjadi tradisi yang sudah cukup lama dijalankan di Indonesia.

Lihat Juga : THR TIMEEE !!

 

  1. Mengantar Hantaran

Menyediakan hantaran seperti makanan, minuman, atau lainnya, juga menjadi salah satu tradisi lebaran di Indonesia, lho. Antar teman pun biasanya saling memberikan hantaran atau hantaran. Saling berbagi kepada teman, sahabat, dan sanak saudara juga menjadi simbol kasih sayang. biasanya kalian memberi hantaran kepada siapa aja nih gaes ?

 

  1. Membeli Baju Lebaran

Biasanya saat menjelang lebaran, banyak keluarga yang akan berbelanja baju. Tapi hal ini bukan hal yang wajib kok gaes, memakai baju yang lama pun tidak masalah. Yang penting niat hati kita untuk kembali Fitri ya !

 

  1. Makan Bersama

Opor ayam, ketupat, rendang, wah apa lagi ya kira-kira makanan khas lebaran ? menyantap makanan khas lebaran menjadi tradisi yang juga banyak dilakukan oleh keluarga di Indonesia. Berkumpul dengan keluarga dan sambil melakukan perbincangan kecil rasanya sangat seru, ya.

 

  1. Mudik

Siapa yang gak kangen kampung halaman ? pasti kangen semua ya. Mudik menjadi tradisi yang bisa dikatakan paling banyak lakukan saat lebaran tiba. Jalan-jalan utama di ibu kota akan terasa sangat sepi karena orang-orang pulang ke kampung halamannya untuk bertemu kembali dengan keluarga tercinta. Mimin jadi gak sabar nih mau mudik juga, hehe. Kalian yang melakukan perjalanan mudik hati-hati ya, taati peraturan yang berlaku dan semoga selamat sampai tujuan !

Lihat Juga : Mudik Tenang Keluarga Senang !!

Halal Bi Halal

  1. Halal bi Halal

menjadi rumah anggota keluarga, teman, dan sanak saudara dan melakukan Halal bi Halal juga menjadi tradisi lebaran di Indonesia. Saling bermaaf-maafan ini juga menjadi kunci agar kita selalu menjaga silaturahmi dengan sesama.

Itu lah beberapa tradisi lebaran yang biasa dilakukan di Indonesia gaes, menurut kalian ada lagi gak sih tradisi lainnya yang mimin belum rangkum di atas ? komen di bawah ya J

Sekian rangkuman tradisi lebaran yang bisa mimin sampaikan, semoga kita semua bisa sama-sama menyambut kemenangan di momen suci Idul Fitri yang gak lama lagi pacaran, amin.

Terima kasih karena sudah menyimak artikel mimin sampai akhir, mohon maaf lahir dan batin ya sahabat sakura, stay safe everyone !

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.