Ngontrak VS KPR

Ngontrak VS KPR

Memiliki sebuah tempat tinggal merupakan kebutuhan primer bagi setiap orang. Di zaman seperti sekarang ini kita mempunyai lebih banyak pilihan untuk memilih tempat tinggal. Kita bisa memilih untuk menyewa/ngontrak atau kita bisa juga membeli sebuah rumah secara tunai ataupun melalui sistem KPR. Belakangan ini juga banyak terjadi perdebatan mengenai sewa rumah atau beli rumah yang didasarkan dari berbagai hal. Kali ini kita akan membahas apa saja kelebihan dan kekurangan dari Ngontrak VS KPR.

Kelebihan Ngontrak

  1. Biaya sewa

Kita bisa memilih rumah untuk dikontrak yang sesuai dengan budget kita dan kita juga bisa mendapatkan biaya sewa yang lebih murah jika kita langsung mengambil kontrak lebih dari satu tahun.

  1. Tidak bosan

Jika kita merasa tidak cocok dengan rumah yang kita kontrak ataupun kita tidak suka dengan lingkungannya, akan lebih mudah untuk memilih dan pindah ke rumah kontrakan yang baru.

  1. Lebih hemat

Kita tidak perlu pusing dengan biaya renovasi maupun biaya perawatan rumah karena kita hanya mengontrak. Biasanya pemilik rumah yang akan menangani biaya untuk perbaikan maupun renovasi.

Baca Juga : Akad Kredit ?

Kekurangan Ngontak

  1. Sulitnya berpindah-pindah

Kita pasti pusing memikirkan harus pindah kemana setiap rumah yang kita kontrak sudah mau habis waktunya. Kita harus menghabiskan waktu kembali untuk mencari kontrakan yang baru karena terkadang pemilik rumah tidak mau memperpanjang sewanya lagi atau karena kita tidak cocok dengan rumah dan lingkungan yang ada. Ditambah lagi dengan proses pindahan yang harus dilakukan setiap tahun atau beberapa tahun sekali, sangat menyita biaya, waktu dan energi. Kita juga perlu beradaptasi di tempat tinggal dan lingkungan kontrakan yang baru.

  1. Tidak ada aset

Karena uang kita hanya habis untuk mengontrak, kita tidak bisa menabung sedikitpun untung bisa memiliki rumah sendiri. Ini dikarenakan biaya kontrak rumah yang juga cukup besar yang jika dibandingkan itu adalah sama besarnya dengan biaya cicilan rumah perbulan. Bedanya jika kita ngontrak, kita tidak akan pernah memiliki tempat tinggal yang tetap dan kita tidak bisa memiliki aset yang menjadi investasi juga bagi kita.

  1. Biaya perbaikan

Mungkin pemilik rumah akan merenovasi rumah kontrakannya sebelum kita mulai ngontrak. Namun jika ada masalah dengan rumah yang kita tinggali selama kita mengontrak maka biasanya hal tersebut akan dibebankan kepada kita. Misalnya ada kebocoran atau rumah yang kebanjiran. Kita yang harus mengeluarkan biaya perbaikan untuk membereskan semua permasalahan yang ada pada rumah kontrakan tersebut.

Baca Juga : Jenis – Jenis Pembelian Rumah !!

Kelebihan KPR 

  1. Biaya cicilan

Ketika kita membeli sebuah rumah dengan sistem KPR, kita bisa menyesuaikan besarnya biaya cicilan sesuai dengan kemampuan bayar kita perbulannya. Hal ini juga bisa dilakukan dengan mengatur tenor cicilan KPR kita serta mencari Bank yang menawarkan bunga KPR yang rendah.

  1. Memiliki aset

Dengan mencicil rumah melalui sistem KPR, secara langsung kita pasti memiliki aset bahkan investasi. Ini dikarenakan rumah yang kita cicil tiap bulannya pasti akan menjadi milik kita atau menjadi aset kita. Rumah yang kita cicil bisa menjadi investasi jika kedepannya kita sewakan kepada orang lain atau kita jual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Yang pasti akan lebih menguntungkan.

  1. Kenyamanan

Dengan memiliki rumah sendiri dengan cara KPR, kita dipastikan akan memiliki rumah dimana kita bisa tinggali selama kita mau dan bahkan bisa diwariskan ke anak maupun cucu kita nantinya. Terlebih lagi kita tidak perlu pusing dengan repotnya harus mencari rumah yang baru lagi jika kita mengontrak dan pemilik rumah tidak mau memperpanjang masa kontrak kita.

 

Kekurangan KPR

  1. Biaya awal

Memiliki rumah dengan sistem KPR membutuhkan biaya lebih di awal karena kita perlu menyediakan dana untuk DP dan mengurus surat-surat. Namun hal ini tidak perlu menjadi beban karena biasanya kita bisa meminta keringanan dari pihak Bank atau mengajukan cicilan tanpa DP kepada pihak Bank. Namun daripada mengontrak, uang yang biasa kita pakai untuk mengontrak bisa ditabung untuk biaya awal KPR ini.

  1. Biaya perbaikan

Rumah KPR tentunya menjadi milik kita sendiri maka kita bertanggung jawab sepenuhnya untuk menjaga keindahan dari rumah tersebut. Jika kita ingin melakukan perbaikan melakukan perbaikan maka biayanya harus kita keluarkan sendiri. Namun itu adalah hal yang wajar karena rumah tersebut adalah milik kita sendiri bukan orang lain.

Itulah kelebihan dan kekurangan dari Ngontrak VS KPR. Semua hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, namun tugas kita adalah untuk mempertimbangkan dengan baik mana yang bisa kita jalani sesuai dengan kemampuan keuangan kita. Namun, memiliki rumah sendiri pasti akan lebih menyenangkan. Kalau gitu coba lihat dulu rumah-rumah yang ada di Sakura Land. Cicilannya bisa dimulai dari 2jt-an dan bebas biaya-biaya loh. Yuk hubungin mimin sekarang.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.