Halo gaes, balik lagi sama mimin 😀 siapa di sini yang masih bimbang antara Beli Rumah Atau Mobil terlebih dahulu ? nah, untuk kalian yang masih bertanya-tanya Beli Rumah Atau Mobil dulu , mimin kali ini akan memberikan gambaran umum mengenai hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menentukan apakah sahabat sakura lebih baik membeli rumah atau mobil terlebih dahulu.

Rumah dan mobil adalah dua jenis benda yang berbeda dari segi kebutuhan. Rumah termasuk dalam kebutuhan primer di mana jenis kebutuhan ini masuk dalam kebutuhan utama sehari-hari yang harus tercukupi guna menunjang kehidupan yang lebih baik. Sedangkan mobil adalah jenis kebutuhan tersier yang pada urutannya berada di urutan terakhir setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Jika kebutuhan primer seseorang (sandang, pangan, papan) tidak terpenuhi, bisa dipastikan seseorang tersebut akan mengalami kesulitan dalam hidupnya.

Nah, bagi sahabat sakura yang masih belum terlalu yakin, mimin punya beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menentukan apakah sahabat sakura harus membeli rumah atau mobil terlebih dahulu. Yuk sama-sama kita simak artikel di bawah ini, cekidooottt !

 

  1. Harga & Anggaran

Baik rumah atau pun mobil keduanya sama-sama memiliki harga yang cukup mahal, jika kita memiliki anggaran yang cukup untuk membayar DP maka hanya menyarankan untuk membeli rumah terlebih dahulu. Mengingat rumah termasuk kebutuhan utama dan besaran DP rumah atau pun mobil tidak jauh berbeda. Terlebih, saat ini ada pembelian rumah tanpa DP, loh !

Alasan saya menyarankan untuk terlebih dahulu membeli rumah, karena kita menyicil rumah tercebut, harga rumah tidak akan turun melainkan akan meningkat, walaupun rumah bekas pakai. Sedangkan jika kita menyicil mobil, setelah mobil sudah terpakai maka harga mobil tersebut akan turun.

  1. melakukan Soal Kebutuhan

Seperti yang mimin jelaskan di awal, kebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus dipenuhi sebelum memenuhi kebutuhan lainnya. Apalagi jika sahabat sakura belum menikah, sangat pas untuk memilih rumah sebagai kebutuhan dasar yang harus dipenuhi, agar nanti setelah menikah sahabat sakura tidak merepoting tempat tinggal. Tapi, jika sahabat sakura sudah berkeluarga dan memiliki 2 orang anak kecil, pertimbangkan kembali dari kedua pilihan tersebut.

Tidak semua orang memiliki kebutuhan yang sama, jadi sesuaikan pilihan kedua barang tersebut sesuai dengan kebutuhan masing-masing, ya !

Jika sahabat sakura membutuhkan mobilitas yang lebih produktif maka mobil adalah jawaban yang tepat, namun jika sahabat sakura adalah tipe yang senang untuk berinvestasi maka rumah adalah jawaban yang tepat karena harga yang cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya.

  1. Umur Pakai

Rumah dan mobil adalah dua benda yang sama-sama bisa dipakai dalam waktu yang lama, tetapi perhatikan kembali pada saat kedua barang ini rusak.

Rumah bisa mendukung atau bisa di perbaiki, begitu juga dengan mobil jika mengalami kerusakan. Saat rumah mengalami kerusakan, rumah tetap bisa dijadikan tempat berlindung setelah diperbaiki tapi tidak dengan mobil. Mobil tetap bukan sebuah tempat yang ideal untuk berlindung. Mobil yang mengalami perbaikan harus diperbaiki agar dapat mendukung mobilitas sehari-hari.

Baca Juga : Kelebihan Membeli Rumah Minimalis di Bumi Malayu Regency !!

  1. Perhatikan Alternatifnya

Kedua benda ini sama-sama memiliki alternatif lain. Seperti contoh sebuah rumah pilihan alternatif lainnya bisa memilih kontrakan, apartemen, atau kos-kosan.

Alternatif untuk mobil bisa memilih angkutan umum seperti kereta, angkot, ojek online, dan lain-lain.

Yang harus diperhatikan adalah biaya sewa tempat tinggal jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya angkutan umum, jadi sangat pas jika memilih rumah sebagai kebutuhan yang telebih dahulu dipenuhi jika dibandingkan dengan mobil.

Lihat Juga : Daftar Menu Sahur yang Praktis !!

  1. Cek Dahulu Nilai Investasinya

Nilai investasi rumah jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan mobil, seperti yang telah saya sampaikan pada point-point sebelumnya harga rumah selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya, sehingga membeli rumah sama artinya memiliki investasi.

Jika dibandingkan dengan mobil, setiap tahunnya setelah mobil tersebut dipakai nilai jual dari mobil tersebut tidak mengalami kenaikan, sebaliknya nilai mobil tersebut akan turun.

Jadi gimana gaes ? sudah memutuskan apakah akan membeli rumah atau mobil? pada dasarnya tidak ada yang salah jika memiliki rumah atau mobil untuk menjadi kebutuhan yang lebih dahulu terpenuhi, asal kebutuhan tersebut sudah menjadi kebutuhan yang memang benar-benar kita pesan, ya !

 

Nah, itu beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan apakah akan membeli rumah atau mobil terlebih dahulu.

Semoga artikel kali ini sedikit membantu sahabat sakura dalam memutuskan kedua pilihan tersebut. Terima kasih bagi yang sudah membaca artikel ini, stay safe everyone !

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.