Kelebihan dan Kekurangan Mezzanine dari Baja Ringan

Halo semuanya! balik lagi nih sama mimih 😀 kali ini mimin mau bahas Kelebihan dan Kekurangan Mezzanine dari Baja Ringan. Tapi gaes, kalian tau gak sih apa itu mezzanine ? dan apa sih manfaatnya untuk rumah kita ? apa mezzanine cocok untuk dibuat di rumah minimalis ?

Nah, semua pertanyaan itu akan mimin bantu jawab secara singkat melalui artikel ini ya, yuk sama-sama kita baca artikel di bawah ini, cekidooottt !

Apa Itu Mezzanine, bagaimana fungsinya dalam sebuah bangunan ?

Mezzanine berasal dari kata “mezzo” dalam bahasa italia yang berarti “di tengah”. Sesuai dengan asal bahasa yang digunakan, mezzanine sendiri berada di tengah-tengah antara ruang yang sudah ada dan juga plafon rumah. Mezzanine adalah sebuah ruang tambahan yang dibuat untuk memanfaatkan luas bangunan yang ada.

Fungsi mezzanine sendiri biasanya digunakan untuk ruang bersantai, namun seiring dengan berkembangnya trend penggunaan mezzanine pada rumah minimalis saat ini mezzanine bisa digunakan untuk ruang kerja, bahkan kamar tidur tambahan. Mezzanine dihubungkan dengan tangga minimalis yang tidak terlalu tinggi. Rumah yang cocok untuk ditambahkan mezzanine adalah yang memiliki plafon cukup tinggi, jika umumnya tinggi rata-rata bangunan satu lantai di Indonesia adalah 3M maka setidaknya untuk memiliki mezzanine plafon rumah harus setinggi 5M. Untuk menambahkan mezzanine pada sebuah bangunan dengan tinggi plafon 3M sebenarnya bisa saja, namun ada bagian plafon yang harus dilepas dan disesuaikan ulang ketinggiannya agar ada ruang lebih untuk menggunakan mezzanine dengan lebih nyaman.

Mezzanine bisa dibuat dengan beton, kayu, ataupun baja ringan. Nah, yang akan mimin jelaskan adalah penggunaan baja ringan dalam membuat mezzanine, baik dari sisi kelebihan dan kekurangannya.

Lihat Juga : Beli rumah dapet Voucher Hotel dan Voucher Belanja !!

Kelebihan Mezzanine Baja Ringan

  1. Bobot lebih ringan

Bagi sahabat sakura yang ingin memiliki mezzanine, baja ringan bisa menjadi pilihan tepat nih ! jenis baja ini terkenal dengan bobotnya yang ringan sehingga tidak mempengaruhi konstruksi bangunan yang sudah ada. Jadi jangan khawatir soal bobotnya ya !

  1. Bahan lebih mudah di dapat

Baja ringan banyak memiliki permintaan untuk pembuatan rangka atap rumah-rumah minimalis. Karena banyaknya permintaan, baja ringan menjadi salah satu bahan bangunan yang mudah di dapatkan. Hampir di semua toko bahan bangunan menyediakan baja ringan. Atau kita bisa datang langsung ke tempat-tempat yang secara khusus menjual aneka besi dan baja.

  1. Pemasangan yang mudah

Pembuatan mezzanine dengan baja ringan lebih mudah untuk diselesaikan jika dibandingkan dengan beton ataupun kayu. Hal ini juga yang menjadi pertimbangan orang-orang yang hanya memiliki waktu singkat untuk membuat mezzanine.

  1. Harga lebih murah

Jika dibandingkan dengan bahan lain seperti beton dan kayu, baja ringan memiliki harga yang relative lebih murah.

  1. Kuat dan tahan lama

Menggunakan baja ringan sama artinya memikirkan umur konstruksi jangka panjang. Hal ini karena baja ringan memiliki kekuatan yang baik. Konstruksi baja ringan yang kuat juga membuat baja ringan mampu menahan beban tanpa membutuhkan penopang besi atau cor seperti jika kita menggunakan beton.

Baca Juga : Tips Ruangan Tampak Lebih Luas !

Kekurangan Mezzanine Baja Ringan

  1. Tampilan kurang rapi

Salah satu kekurangan baja ringan yang digunakan untuk membuat mezzanine adalah menghasilkan tampilan yang kurang rapi. Walaupun demikian, kita bisa merapikannya hingga mendapatkan hasil akhir yang baik. Perhatikan setiap potongan baja ringan yang timbul ke luar, pastikan setiap potongan rapi dan tertutup dan jangan sampai menyebabkan luka pada anggota tubuh.

  1. Mudah berkarat

Merawat baja ringan tidak sulit, namun juga jika perawatannya kurang tepat akan menimbulkan beragam masalah. Salah satunya adalah karat. Kita bisa menghindari penggunaan air untuk membersihkan baja ringan yang terlalu sering agar tidak timbulnya karat. Selain itu, kita juga bisa lapisi baja ringan dengan cat pelapis khusus agar lebih tahan lama.

Di Sakura Sejahtera sendiri ada pilihan rumah berdesain minimalis kekinian dengan tipe candinavia yang memiliki mezzanine dengan kualitas terbaik di dalamnya. Tipe candinavia ini berada di perumahan Green Pilar Asri di Cikarang dan menjadi tipe primadona dengan permintaan tertinggi dari awal launching pada bulan September 2021 hingga saat ini. Selain karena terdapat mezzanine di dalam rumah tipe candinavia, Sakura Sejahtera juga sering kali memberikan diskon yang besar dan beragam bonus menarik lainnya.

Nah, itu lah beberapa kelebihan dan kekurangan mezzanine baja ringan menurut mimin, kalau sahabat sakura memiliki tambahan lain bisa drop tambahan kalian di kolom komentar ya. Terima kasih bagi yang sudah membaca artikel ini hingga akhir, stay safe everyone ! 🙂

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.