Sejak mewabahnya virus Covid-19 di Indonesia, berbagai kebijakan diterapkan guna menekan angka penularan dan penyebaran virus tersebut. Salah satunya adalah upaya pemerintah untuk mengajak masyarakat melakukan segala aktivitas dari rumah. Saat berada di rumah, tidak jarang kita menemukan aktivitas baru yang akhirnya menjadi hobi, seperti menata ruangan.

Mendekorasi ruangan ternyata menjadi sebuah kegiatan mengasyikan dan tentunya memberikan kepuasan tersendiri bagi si pemilik rumah. Dekorasi juga tidak melulu harus terkesan mewah, kesan hijau dan simple pun mampu memberikan nilai keindahan atau estetikanya tersendiri. Saat ini tengah ramai orang-orang yang akhirnya menjadikan berkebun sebagai hobi baru mereka selama pandemi. Selain diletakkan di kebun atau taman di halaman rumah, ternyata tanaman juga dapat menjadi salah satu unsur hijau yang tidak hanya mampu memberikan kesan asri dan nyaman, namun juga dapat memberikan manfaat kesehatan bagi si pemilik rumah.
Mau tau tanaman apa saja yang cocok diletakkan di dalam ruangan ? berikut beberapa jenis tanaman yang cocok sebagai penghias ruangan di rumah kita.

1. Monstera

image source by www.bayonabudget.com

Monstera adalah jenis tanaman yang saat ini tengah populer bagi para pecinta tanaman. Tanaman jenis ini tergolong sebagai jenis tanaman yang mudah untuk ditanam dan dirawat. Monstera tergolong sebagai tanaman tropis, dan tanaman jenis ini mampu hidup dalam ruangan yang minim cahaya matahari serta menggunakan pendingin ruangan (AC). Jangan khawatir dengan suhu di dalam ruangan, karena tanaman ini mampu bertahan di dalam ruangan yang memiliki suhu berkisar antara 23-30 derajat celcius pada siang hari dan 15 derajat celcius pada malam hari.

Selain sebagai penghias ruangan, ternyata tanaman ini juga mampu menyerap CO2 di malam hari dengan baik, jadi udara di ruangan kita akan lebih segar saat pagi hari. Selain itu tanaman jenis ini juga mampu menyerap zat-zat kimia seperti H₂CO berbentuknya gas, atau cair yang dikenal sebagai formalin.

Yang perlu diketahui adalah, tanaman jenis ini beracun, jadi berhati-hatilah jika memiliki balita dan binatang di rumah anda, usahakan anda memiliki tempat yang cukup tinggi untuk meletakkan tanaman ini. Jangan sampai akar dan daun tanaman merambat ini termakan ya.

2. Rubber Bush Tree atau Tanaman Karet Kebo

image source by Pinterest : zena.aktualne.cz

Ciri khas Karet Kebo ini adalah permukaan daunnya yang mengkilap, dan lembut. Tanaman jenis ini tidak membutuhkan banyak siraman air, kita bisa menyiramnya jika tanah sudah terlihat kering saja.

Nama lain dari tanaman ini adalah Karet Merah, selain dapat difungsikan menjadi pembersih udara yang alami, tanaman jenis ini juga mampu memberikan estetikanya tersendiri bagi sebuah ruangan. Selain itu manfaat memiliki tanaman ini di dalam ruangan adalah tanaman ini mampu menyerap dan menghilangkan zat-zat berbahaya seperti karbon monoksida, formaldehida, trikloroetilen, dan zat kimia berbahaya lainnya.

Karet Kebo tidak memerlukan banyak cahaya, serta mampu bertahan di tanah yang kering, walaupun demikian jangan sampai lengah dalam perawatannya ya, karena jika salah dalam merawat tanaman ini juga bisa mati.

3. Lidah Mertua

image source by publiclandstore.com

Lidah Mertua sudah menjadi tanaman hias paling banyak dijumpai di taman-taman kota dan tempat rekreasi. Namun, tahukah kamu bahwa Lidah Mertua juga bisa menjadi penghias ruangan yang memiliki keindahan tersendiri ?

Lidah Mertua memiliki keindahannya tersendiri sebagai penghias ruangan. Selain mudah ditanam, jenis tanaman ini adalah yang tidak membutuhkan cahaya matahari secara langsung serta mampu bertahan di tanah dengan tingkat air yang minim.

Tanaman jenis ini juga mampu mereduksi gelombang elektromagnetik, tentu hal ini akan sangat bermanfaat bagi kita yang selalu bekerja di dalam ruangan dengan menggunakan gadget atau laptop. Dengan adanya tanaman ini, radiasi yang berasal dari gadget yang kita gunakan sehari-hari menjadi bisa untuk ditangkal. Selain itu, tanaman ini tergolong dalam jenis tanaman anti polutan, tanaman ini mampu menyerap karbon monoksida, dan bahan-bahan beracun, seperti karbon dioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene.

4. Sirih Belanda

image source by Pinterest : etsy.com

Tanaman yang bisa hidup di air ini memiliki keistimewaannya tersendiri sebagai penghias ruangan. Selain mampu memberikan kesan tropis dan asri, tanaman ini juga memiliki segudang keistimewaan.

Sama halnya seperti monstera, tanaman ini mampu memproduksi oksigen dalam jumlah yang besar pada malam hari, selain itu Sirih Belanda dinilai mampu menyerap dan menetralisir polusi dan racun di dalam ruangan, seperti polusi yang ditimbulkan oleh asap rokok atau zat-zat berbahaya lainnya seperti formaldehida dan sisa pembakaran zat-zat kimia dalam pembuatan plastik atau yang sering dikenal dengan sebutan benzena.

5. Aloevera atau Lidah Buaya

image source by Pinterest : plantasdeinterior.pinhell.com

Tanaman Lidah Buaya sudah dikenal sebagai tanaman segudang manfaat. Bagaimana tidak, tanaman ini mampu memberikan manfaat untuk rambut dan kulit, bahkan untuk menyembuhkan luka.

Tapi, tahukah kamu Lidah Buaya juga bisa memberikan keindahannya tersendiri bagi ruangan, selain itu Lidah Buaya juga bisa memberikan keuntungan bagi kesehatan jika ditempatkan di kamar tidur.

Perawatannya sangat mudah dan tidak membutuhkan intensitas air yang tinggi, kita bisa menyiram Lidah Buaya dengan sedikit air setidaknya satu kali sehari, atau disiram hanya jika media tanamnya sudah terlihat kering saja. Walaupun begitu Lidah Buaya membutuhkan asupan cahaya matahari yang tinggi. Jadi akan sangat cocok jika diletakkan di dekat jendea yang dapat menerima cahaya matahari secara langsung.
Manfaat Lidah Buaya di dalam ruangan adalah sebagai penetralisir udara dari polusi, sama halnya seperti Lidah Mertua, tanaman ini juga mampu meminimalisir radiasi elektromagnetik dari alat elektronik di dalam ruangan yang bisa membahayakan bagi kesehatan tubuh.

Yang terpenting saat memutuskan untuk menanam sebuah tanaman adalah cara perawatannya. Jangan sampai tanaman sakit dan layu, ataupun mati karena kurang baiknya perawatan.

Itu lah beberapa tanaman yang cocok untuk diletakkan di dalam rumah yang juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Jangan lupa gunakan masker dan rajin cuci tangan ya, Stay safe everyone !

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.