Saat Pandemi seperti sekarang, tidak jarang pengeluaran kita semakin membengkak. Belanja  lewat marketplace atau delivery makanan yang jumlahnya tidak terkontrol dengan baik sering kali menjadi alasan mengapa kita tidak bisa berhemat. Dibawah ini adalah beberapa langkah yang bisa kita lakukan agar tetap hemat saat berada di rumah, cekidot !

 

1. Buat Anggaran Belanja Yang Pasti.

Pengeluaran yang membengkak sering kali disebabkan oleh kita yang tidak bisa mengolahnya dengan baik. Kadang-kadang apa yang kita beli ternyata belum atau bahkan tidak kita butuhkan sama sekali, oleh karenanya dana yang ada akan berkurang lebih banyak dari yang seharusnya. Untuk itu dibutuhkan anggaran dalam jumlah pasti, agar keuangan kita tetap terkontrol dengan baik.

 

  1. Tentukan Prioritas pembelian barang.

Apapun yang kita beli, seharusnya dapat memberikan manfaat bagi kita. Namun, terkadang tidak selalu begitu. Dalam beberapa kesempatan kita pasti pernah membeli barang yang tidak seharusnya kita beli, hanya karena barang lebih murah, memiliki kemasan menarik, atau hanya karena alasan kita belum memiliki barang tersebut, padahal belum tentu barang tersebut adalah barang yang kita butuhkan. Barang yang belum / tidak kita butuhkan, nantinya hanya akan memenuhi seisi rumah dan membuat rumah menjadi terlihat berantakan dan kumuh. Oleh sebab itu sabaiknya kita bisa memilih barang yang benar-benar kita butuhkan untuk kita beli.

 

  1. Promo ? Cashback ? Kenapa Engga !

Setelah kita menentukan prioritas barang yang akan kita beli, jangan lupa cari barang yang sedang promo. Hal ini dapat membantu kita juga untuk setidaknya menghemat anggaran belanja yang sudah kita buat sebelumnya. Jangan sungkan untuk bertanya kepada kasir atau penjual, apakah barang yang kita beli mendapatkan potongan harga atau tidak. Tidak jarang toko-toko supermarket / restaurant besar bekerja sama dengan jasa keuangan digital yang dapat memberikan cashback kepada kita juga loh ! yuk berburu diskon 😀

 

  1. Jangan Tergoda Pembelian Dengan Jasa Pinjaman.

Hindari pembelanjaan yang bisa menjadi hutang di kemudian hari. Selain akan menguras dompet, bunga pinjaman juga akan ikut mengurangi anggaran tertentu yang sudah dengan matang kita susun sebelumnya. Adanya hutang juga dapat menghambat kita dalam menabung. Jadi hindari pembelanjaan dengan sistem pinjaman ya, pasti engga mau kan kalau sampai niat menabungnya jadi terhambat atau bahkan berantakan karena ada anggaran baru yang harus dibayarkan untuk membayar cicilan ?

Nah, bagi yang sudah terlanjur memiliki cicilan, wajib hukumnya membuat anggaran khusus untuk membayarkan cicilan ya. Jangan sampai terlambat bayar apalagi menunggak, ingat lho seluruh pinjaman resmi pasti diawasi oleh Bank Indonesia. Bagi yang memiliki niatan untuk membeli rumah dengan program KPR, engga mau kan kalau sampai berkas-berkasnya ditolak karena tidak lolos BI-Checking ?

 

  1. Daur Ulang ? Yuk Mulai Dari Sekarang !

Langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan untuk menghemat pengeluaran adalah dengan langkah daur ulang. Barang-barang yang bisa kita gunakan kembali sebaiknya tidak dibuang begitu saja. Barang-barang seperti wadah, kain, dan barang lain yang masih bisa digunakan sebagai mana fungsinya sebaiknya agar digunakan kembali, atau dialihfungsikan menjadi barang lain dengan jalan mendaur ulang barang tersebut.

Langkah ini mampu membantu kita dalam menekan tingginya jumlah sampah anorganik dan menghemat anggaran untuk membeli barang-barang keperluan rumah tangga. Selain itu, kita bisa menjadi lebih kreatif dengan memanfaatkan kembali barang-barang tersebut.

 

  1. Kalau Bisa Masak Sendiri, Kenapa Harus Beli ?

Kalau kita bisa masak sendiri sudah pasti lebih hemat, selain tidak ada ongkos kirim yang harus kita tanggung, kebersihan makanan lebih terjamin. Jadi makanan lebih aman dari paparan polusi ataupun virus dari luar rumah. Jadi bisa belajar masak juga, kan ? 😀

 

  1. Jangan Lupa Nabung !

Setelah menekan pengeluaran, pasti ada dana yang tersisa. Jangan gunakan dana tersebut untuk bersenang-senang dulu ya, ingat bahwa kita masih berada di tengah pandemi. Segala kemungkinan bisa saja terjadi. Maka dari itu, manfaatkan dana tersebut untuk dijadikan tabungan atau dialokasikan menjadi dana lain-lain. Jadi, kita bisa lebih siap untuk segala kemungkinan apapun.

Nah, itulah beberapa tips untuk bisa berhemat di tengah pandemi, stay safe dan stay healthy semua ! ^^

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.