Wah, tidak terasa Chinese New Year hanya tinggal menghitung jam saja, nih. Sahabat Sakura ada yang merayakan CNY ? perayaan ini dirayakan oleh masyarakat Tionghoa sebagai sebuah acara setahun sekali yang penuh dengan suka cita dan pengharapan. Oleh karena itu biasanya ada beberapa simbol atau kegiatan yang wajib ada selama perayaan Imlek ini.

Nah, mimin mau mengajak Sahabat Sakura untuk merayakan Imlek ini di rumah nih, tujuannya adalah untuk tetap menjaga satu sama lain anggota keluarga dari paparan Virus yang saat ini sudah menjadi Pandemi di seluruh dunia. Lewat artikel ini mimin akan memberikan beberapa hal yang biasa dilakukan pada saat Imlek, yang membedakan adalah perayaannya yang dilaksanakan di rumah.

Merayakan Imlek di rumah juga tidak kalah seru loh, selain itu kita bisa menghemat pengeluaran yang mungkin saja bisa melebihi dari dana yang sudah ditentukan sebelumnya. Merayakan Imlek di rumah sama artinya selain kita menjaga anggota keluarga dari paparan Virus, juga menjaga agar tidak membawa Virus tersebut kepada anggota kerabat lain atau sahabat dan teman pada saat kita merayakan Imlek di luar rumah. Dengan begitu kita bisa menekan tingkat penularan Virus ini, jadi bisa sambil membantu untuk mengendalikan penyebaran Virus di negara kita, kan ? J

Nah, dibawah ini ada beberapa kegiatan yang biasa dilakukan pada saat Imlek, namun kali ini dirayakan di rumah, apa saja sih ? yuk kita baca bersama-sama !

 

image by hellosehat.com

  1. Bersih-bersih rumah

Lho kok bersih-bersih rumah ? iya, bersih-bersih rumah ! Selain melambangkan sebuah hal yang baik untuk mengawali tahun yang baru, bersih-bersih rumah juga penting, karena baik untuk kesehatan diri sendiri maupun anggota keluarga lainnya. Kita bisa mengajak anggota keluarga untuk bersama-sama membersihkan rumah agar cepat selesai, karena banyak hal lain yang perlu dipersiapkan untuk merayakan Imlek.

 

Image by suara.com

  1. Menghias rumah dengan dekorasi serba merah

Imlek akan kurang rasanya jika tidak ada hiasan dan pernak pernik berwarna merah. Warna merah ini tidak sembarangan lho, karena hiasan berwarna merah memiliki arti kegembiraan, semangat, dan juga kemakmuran bagi masyarakat Tionghoa. Selain itu warna merah juga dipercaya dapat menangkal pengaruh buruk dari luar rumah. Biasanya rumah akan dihias dengan tulisan “Gong Xi Fat Chai” yang diletakkan di pintu atau tiang rumah, selain itu bisa juga dihias dengan lampion dan ang pao.

  1. Mengenakan busana berwarna merah

Hanya karena merayakan Imlek di rumah, bukan berarti kita tidak bisa berdandan atau mengenakan dress code tertentu ya, pada saat seperti ini mengenakan pakaian berwarna merah juga akan semakin menghidupkan suasana Imlek di rumah. Sejatinya perayaan Imlek adalah sebagai salah satu hal penting bagi masyarakat Tionghoa, malam tahun baru Imlek melambangkan masa peralihan dan pembersihan dari hal-hal negatif menuju tahun baru yang penuh harapan agar semakin banyak keberuntungan dan hal-hal positif yang akan mengisi rumah kita.

 

Image by silverkris.com

  1. Memasak untuk perayaan Imlek

Karena perayaan Imlek di rumah, rasanya akan lebih seru jika kita bisa memasak sendiri makanan yang akan disajikan untuk bersama-sama saat makan malam, kegiatan masak ini akan lebih seru jika dibantu oleh anggota keluarga yang lain. Selain terjamin kebersihannya, juga bisa menekan pengeluaran lho. Makanan seperti Fortune Cookie, Kue Keranjang, Siu Mie, Bebek Panggang, dan Manisan biasanya selalu ada pada saat perayaan imlek. Selain itu ada makanan yang lebih seru untuk disantap bersama-sama, yaitu hotpot. Kita bisa memasak makanan bersama sebelum disantap, sambil mendengarkan musik khas perayaan imlek yang juga akan membuat suasana semakin meriah. Selain itu tradisi makan Yu Sheng juga bisa disiapkan dari rumah lho, makanan yang terdiri dari rebung, jahe, timun, wortel, jeruk bali, lobak, dan ikan mentah ini menjadi hidangan yang penuh makna, sebelum makan anggota keluarga secara bersama-sama mengaduk seluruh makanan sampai tercampur rata, serta mengangkatnya tinggi-tinggi sebagai bentuk pengharapan yang akan lebih cepat terkabul.

  1. Menonton perayaan Imlek dan kembang api secara Virtual

Karena merayakan imlek di rumah, maka akan semakin lengkap jika kita bisa menghadirkan nuansa Imlek juga di dalam rumah. Caranya kita bisa live streaming perayaan Imlek dari negara lain, hal ini bisa mengobati rasa jenuh yang mungkin saja timbul dari anggota keluarga.

 

Image by todaysparent.com

  1. Bermain board game atau game online

Nah, selain itu kita juga bisa loh bermain game untuk mengusir rasa jenuh, permainan papan atau game online yang bisa dimainkan lebih dari satu orang adalah jawabannya. Bermain game bersama keluarga akan menghilangkan rasa jenuh yang timbul.

Itulah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di rumah selama perayaan malam tahun baru Imlek, semoga bisa membantu menghilangkan kejenuhan selama berada di rumah ya. Stay safe everyone !

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.