Gaes, gimana kabarnya ? semoga baik-baik aja ya. Kali ini mimin mau kasih perbandingan antara keramik biasa dan granit nih, kira-kira kalian team mana, team keramik atau granit ?

Tapi gaes, kalian tau gak sih apa aja perbedaan antara keramik dan granit ? karena, terlihat serupa tapi tetap berbeda lho ! 😀

Nah, sekarang mimin kasih sedikit perbandingan kelebihan maupun kekurangan dari keramik dan granit ini ya. Cekidooott..!

 

  1. Bahan

Dari segi bahan pembuatan, lantai keramik pada umumnya dibuat dengan bahan-bahan seperti diantaranya adalah felspard, ball clay, kwarsa, kaolin, dan juga air. Bahan pembuatan lantai granit hampir sama seperti keramik yang berbahan dasar kaolin dan silika, perbedaannya terletak pada pembuatannya di mana pembuatan lantai granit ini dengan cara dibakar pada suhu tinggi agar menghasilkan pori kecil pada lantai granit.

 

  1. Ketahanan

Pada sisi ketahanan, lantai granit memiliki ketahanan yang jauh lebih baik dibanding lantai keramik. Mengapa demikian, hal ini dikarenakan pada proses pembuatannya yang dibakar di dalam suhu tinggi (lebih dari 1.000’C) sehingga lantai granit jauh lebih awet jika dibandingkan dengan lantai keramik biasa. Tapi jangan khawatir gaes, karena jika kita bisa merawat keramik dengan baik, ketahanan sebuah keramik juga bisa lebih dari 10th lho !

Lantai granit juga lebih kuat terhadap perubahan cuaca, sehingga tidak mudah retak atau pecah. Di samping itu, lantai granit juga tidak mudah tergores, tidak seperti lantai keramik yang membutuhkan karpet untuk menempatkan furnitur tertentu di atasnya.

Oleh karena ketahanannya yang sudah sangat baik, memiliki lantai granit sama artinya dengan pilihan pintar untuk investasi jangka panjang. Harga rumah akan selalu naik setiap tahunnya, dengan pemakaian granit yang terawat dan bersih akan menjaga harga rumah kita tetap tinggi, dan juga minim pengeluaran untuk penggantian lantai. Walaupun begitu, lantai keramik juga tahan terhadap air dan noda, sehingga sangat cocok apabila kita gunakan di ruangan yang memiliki kelembapan tinggi, seperti misalnya toilet ataupun dapur.

 

  1. Perawatan

Dari segi perawatan, lantai keramik menjadi pilihan yang pas jika sahabat sakura enggan untuk repot-repot membersihkan lantai. Cukup disapu dan dipel, lantai keramik bisa kembali bersih.

Berbeda dengan lantai keramik, lantai granit membutuhkan perawatan yang sedikit lebih rumit. Jika lantai granit sampai tergores, cara mengembalikannya adalah dengan memolesnya menggunakan bahan tertentu yang dijual di toko bangunan, namun jika lantai granit terkena noda yang cukup membandel, setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 2 sampai dengan 3 hari pembersihan menggunakan cairan penghilang noda agar granit bisa kembali bersih. Lantai granit juga sebaiknya dibersihkan setiap hari agar selalu bersih dari partikel kotoran ataupun noda.

 

  1. Motif & Kilauan

Lantai keramik biasa memiliki motif dan warna yang jauh lebih beragam jika dibandingkan dengan granit. Sedangkan lantai granit tidak memiliki banyak warna ataupun motif. Biasanya lantai granit bermotif seperti urat batu alami. Namun jika dibandingkan dari segi kilauan, lantai granit memiliki kilauan yang jauh lebih berkilau jika dibandingkan dengan lantai keramik.

Oleh karena kilauannya yang jauh lebih baik, penggunaan lantai granit juga memberikan kesan yang lebih elegan dan mewah bagi rumah kita.

 

  1. Harga

Jika dibandingkan dari segi harga, lantai keramik memiliki harga yang jauh lebih murah. Sedangkan lantai granit cenderung lebih mahal. Hal ini dikarenakan proses pembuatan lantai granit yang jauh lebih rumit jika dibandingkan dengan pembuatan lantai keramik.

 

  1. Kenyamanan

Dari segi kenyamanan sendiri, lantai granit memberikan kenyamanan yang lebih baik jika dibandingkan dengan lantai keramik. Lantai keramik memiliki permukaan yang jauh lebih keras, sehingga memungkinkan penggunanya merasa lebih cepat lelah saat berdiri di atas keramik. Selain itu, lantai granit juga bisa memberikan sensasi sejuk pada telapak kaki.

 

Itu lah beberapa perbandingan lantai keramik dan granit yang bisa mimin sampaikan gaes, sebenarnya tidak ada kewajiban penggunaan jenis lantai tertentu pada rumah kita, asalkan kita bisa merawat lantai kita dengan baik jenis lantai keramik dan granit pun bisa bertahan lama. Kita hanya perlu menyesuaikan budget yang kita miliki ya gaes, karena penggunaan lantai berkualitas pun jika tidak diimbangi dengan cara perawatan yang tepat hanya akan menjadi pemborosan saja.

Di Sakura Sejahtera sendiri, kami sudah menggunakan lantai granit pada rumah-rumah komersil kami. Karena kami selalu mengutamakan kenyamanan dan juga kualitas bangunan terbaik untuk semua pelanggan kami.

Sudah dulu ya untuk artikel kali ini, tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku, selalu gunakan masker, dan jauhi kerumunan ya gaes, stay safe everyone ! 😀

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.