Halo Sahabat Sakura, balik lagi sama mimin nih ! 😀

Kali ini mimin mau kasih tau sedikit perbandingan antara Bata Merah, Bata Ringan atau Hebel, dan Batako. Ada beberapa perumahan yang menggunakan salah satu dari ketiga jenis bata tersebut, tapi tidak jarang developer menggunakan tiga jenis bata tersebut untuk beberapa tipe rumah yang berbeda.

Sebenarnya, fungsi dari ketiga bata tersebut adalah sama, namun setiap bata memiliki karakteristiknya tersendiri. Begitupun dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing bata tersebut.

Nah, kali ini mimin mau kasih sedikit penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari tiga jenis bata tersebut ya, cekidooottt !

 

  1. Bata Merah

Bata jenis ini dibuat dari tanah liat yang di cetak dan dipanaskan dalam suhu tertentu, dan biasanya berwarna cokelat tua kemerahan. Bata ini menjadi primadona sebagian besar masyarakat Indonesia karena harganya yang murah dan sangat mudah ditemukan di seluruh toko bangunan, hampir tidak ada toko bangunan yang tidak menjual jenis bata ini. Kekuatan bata ini juga cukup baik dan pemasangan bata ini membutuhkan pasir dan semen sebagai perekatnya.

Kelebihan bata ini adalah ukurannya yang kecil sehingga sangat mudah untuk diangkat atau dipindahkan. Penggunaan bahan perekat yang tidak membutuhkan bahan tertentu karena cukup dengan pasir dan semen saja, selain itu bata jenis ini juga tahan terhadap api. Dan yang paling penting adalah harganya yang sangat terjangkau.

Kekurangan bata ini adalah bobotnya yang berat, sehingga menambah massa berlebih pada struktur bangunan. Selain itu, karena bentuknya yang kecil sehingga membutuhkan banyak bahan perekat, akibatnya kita akan boros penggunaan bahan perekat. Selain itu bata ini cenderung tidak terlalu baik dalam meredam suara dari luar, dan juga belum bisa menjaga kestabilan suhu ruang karena bata ini menyerap suhu di sekelilingnya. Pemasangan bata jenis ini juga cukup memakan waktu karena ukurannya yang kecil.

 

  1. Batako Press Putih

Bata ini memiliki karakteristik berpori dan memiliki ruang/rongga di dalamnya, pada umumnya dibuat dari bahan pasir kasar dan semen yang di press hingga sangat padat. Namun ada juga yang menggunakan campuran seperti kapur, air, dan hingga batu bara. Biasanya, beberapa developer memilih jenis batako press ini karena untuk mengurani jumlah penggunaan bahan perekat dan untuk menekan massa struktur bangunan yang berlebih.

Kelebihan bata jenis ini adalah bentuknya yang lebih besar jika dibandingkan dengan bata merah namun tetap lebih ringan karena pada bagian dalam batu bata ini memiliki rongga. Sehingga struktur bangunan tidak terlalu berat. Selain itu, pada pemasangannya juga tidak membutuhkan banyak waktu dan bahan perekat, dan jenis bata ini termasuk yang kedap air jadi tembok kita bisa lebih terlindungi dari hujan.

Kekurangan bata ini menyerap panas, jadi suhu ruang sebuah bangunan akan menyimpan suhu panas tersebut. Karena bata ini memiliki rongga, membuatnya jadi lebih mudah retak, dan mudah untuk dihancurkan.

 

  1. Bata Ringan atau Hebel

Bata ringan adalah jenis bata dengan kualitas yang sangat baik. Sesuai dengan namanya, bata ini dibuat dengan maksud untuk mengurangi struktur bangunan akibat beban yang didapatkan dari jenis bata yang lainnya. Jenis bata ini dibuat dengan campuran pasir kwarsa, gypsum, air, kapur, semen, dan aluminium pasta sebagai bahan pengembangnya. Bata ini dibuat di dalam pabrik dengan cetakan yang sama besar, bahkan tingkat kerataannya jauh lebih baik dari pada bata jenis lainnya.

Kelebihan dari bata ini adalah lebih ringan dari bata merah ataupun batako press, dan karena dibuat di dalam pabrik dengan cetakan yang sama sehingga bisa menghasilkan dinding yang jauh lebih rapih, bata dengan jenis ini juga hanya sedikit membutuhkan bahan perekat. Bata ringan tetap bisa di plester, dan bahkan bisa langsung di aci walaupun tidak di plester sekalipun. Bata jenis ini juga kedap terhadap suara dan air. Walaupun bata jenis ini termasuk ringan, namun kekuatan bata jenis ini sudah cukup baik.

Kekurangan bata ringan atau hebel adalah harganya yang masih cukup mahal jika dibandingkan dengan dua jenis bata lainnya di atas. Selain itu tidak semua toko bahan bangunan menjual bata jenis ini, dan dibutuhkan keahlian khusus saat pemasangannya.

 

Di Sakura Sejahtera sendiri, kami mengutamakan kualitas perumahan dengan menggunakan bahan baku berkualitas, salah satunya adalah bata ringan atau hebel. Kami sudah menggunakan bata ringan atau hebel di perumahan komersil kami. Hal ini sejalan dengan komitmen kami untuk terus menghadirkan pilihan rumah berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Nah gaes itulah perbandingan bata merah, batako press, dan bata ringan atau hebel. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua ya. Tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku dan selalu gunakan masker saat berada di luar rumah. Stay safe everyone ! 😀

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.