Halo sahabat sakura ! balik lagi sama mimin nih 😀

Akhir-akhir ini isu lingkungan menjadi hal yang paling banyak dibicarakan, mulai dari eksploitasi sumber daya alam yang terjadi sampai dengan pencemaran lingkungan akibat limbah dan atau aktivitas manusia.

Karena hal tersebut, muncul lah isu pemanfaatan energi terbarukan yang bisa menggantikan bahan bakar fosil yang ada saat ini. Salah satunya adalah panel surya yang memanfaatkan panas matahari sebagai sumber energinya. Penggunaan energi terbarukan juga membawa manfaatnya tersendiri bagi kita, loh !

Salah satunya adalah panel surya, tapi sahabat sakura tau gak sih apa itu panel surya ? oke mimin bantu kasih sedikit penjelasan lewat artikel ini ya, apa itu panel surya dan apa fungsi serta manfaatnya, yuk cekidooott !

Panel Surya adalah sebuah alat yang bisa menyerap radiasi sinar matahari dan merubahnya menjadi listrik. Cara kerjanya adalah dengan menyerap sinar / panas matahari dan menyimpannya ke dalam sebuah baterai. Setelah itu baru bisa kita manfaatkan sesuai dengan kebutuhan kita.

Penggunaan panel surya saat ini mulai banyak diperbincangkan karena bisa menjadi solusi untuk menghemat penggunaan listrik, alasannya adalah karena tarif listrik yang semakin meningkat. Saat ini kita menggunakan teknologi yang hampir seluruhnya membutuhkan energi listrik sebagia sumber daya utamanya, jika saja kita membutuhkan banyak pasokan listrik untuk barang-barang di rumah, kita harus siap dengan cost daya listrik yang sangat besar.

Setelah kita mengetahui apa itu panel surya, dan bagaimana cara kerja, serta fungsinya, yuk sama-sama kita simak manfaat dari penggunaan panel surya di rumah.

 

  1. Merupakan energi terbarukan

Bahan bakar yang saat ini kita gunakan mayoritas adalah bersumber dari bahan bakar fosil, yang pada prosesnya menghasilkan limbah serta polusi. Di samping itu, penggunaan bahan bakar fosil juga memiliki keterbatasan, dan sudah pasti akan habis jika kita terus-menerus mengeksploitasinya. Jika dibandingkan dengan panel surya, penggunaan panel surya tidak menimbulkan polusi baik di tanah, air, maupun udara, dan juga tidak menghasilkan limbah radioaktif yang bisa membahayakan keselamatan manusia.

Sumber energi panel surya adalah energi matahari, di mana panel surya menyerap radiasi panas dari sinar matahari, yang sejatinya energi jenis ini adalah terbarukan dan tidak terbatas selama matahari tetap ada. Energi terbarukan ini bisa menjadi alternatif bagi sumber energi utama yang selama ini kita gunakan untuk memasok energi.

 

  1. Ramah Lingkungan

Penggunaan panel surya tidak menghasilkan limbah atau pun polusi, bukan hanya tidak menimbulkan polusi di lingkungan hidup kita seperti tanah, air, dan udara namun juga tidak menghasilkan polusi suara. Tidak ada pembakaran seperti bahan bakar fosil pada proses penggunaan panel surya ini, jadi secara tidak langsung saat kita memilih untuk menggunakan panel surya, kita juga turut menyelamatkan lingkungan.

 

  1. Menghemat penggunaan air

Pada poin ini tidak berarti pemakaian air kita di rumah akan berkurang ya, menghemat air terjadi saat proses penggunaan bahan bakar fosil, saat proses pembakaran batu bara misalnya, debit air yang digunakan untuk proses pendinginan sangat lah banyak. Seperti kita ketahui, air adalah salah satu sumber daya alam yang juga terbatas. jadi, kita seharunya bijak dalam menggunakan air ya sahabat sakura.

 

  1. Hemat Biaya Listrik

Saat kita menggunakan panel surya, kita akan memanfaatkan energi panas matahari yang sudah tersimpan di dalam baterai dari panel surya tersebut, energi panas matahari kemudian akan diubah menjadi energi listrik yang bisa kita gunakan secara “gratis”. Jadi, saat kita menggunakan panel surya, sama artinya kita sudah melakukan penghematan terhadap biaya listrik yang selama ini kita gunakan sehari-hari.

 

  1. Tahan Lama

Menggunakan panel surya memiliki banyak keuntungan, salah satunya adanya panel surya memiliki usia yang termasuk panjang. Usia rata-rata alat ini adalah hingga 25 tahun. Jadi kita bisa menghemat biaya listrik sampai 25 tahun ! gimana, menarik banget kan ?

 

  1. Instalasi mudah

Instalasi panel surya tidak membutuhkan jaringan kabel ke tiang listrik seperti listrik biasa, dan juga tidak membutuhkan banyak space di rumah kita, lho ! alat ini bisa diletakkan di atap rumah dan tentunya mampu menghasilkan listriknya sendiri. Karena tidak membutuhkan jaringan kabel ke tiang seperti listrik biasa, instalasi alat ini termasuk mudah.

Di Sakura Sejahtera sendiri, kami melengkapi panel surya pada rumah komersil tipe besar. Karena kami sadar bahwa peran kami bukan hanya sebagai developer saja, melainkan sahabat bagi pelanggan kami. Kami akan selalu berupaya menghadirkan solusi terbaik untuk anda dan juga lingkungan perumahan kami.

Nah, itu lah sedikit penjelasan mimin terkait cara kerja, fungsi, dan juga manfaat panel surya. Tetap jaga kesehatan dan selalu gunakan masker saat berada di luar rumah ya gaes, jangan lupa untuk rutin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, stay safe everyone !

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.