Hai Sahabat Sakura.. !

Mimin balik lagi nih, kali ini mimin mau kasih sedikit info mengenai perbandingan genteng beton dan genteng metal pasir. Loh min, kok genteng ? iya nih, karena bagaimanapun pemilihan genteng/genting juga penting untuk rumah kita. Tapi, sesuai dengan judul di atas, yang akan mimin bahas hanya kedua jenis genteng tersebut saja ya.

Beberapa perumahan saat ini banyak menggunakan genteng beton dan genteng metal sebagai atapnya, banyak alasan mengapa developer memilih kedua genteng ini sebagai pilihan untuk digunakan di perumahan masing-masing. Mulai dari harga, sampai dengan kelebihan masing-masing dari kedua genteng ini.

Tapi gaes, kalian tau gak sih kalau ternyata pemilihan genteng juga berkaitan loh dengan kesehatan kita ? jangan sampai salah memilih genteng dan berdampak buruk bagi kesehatan kita, ya.

 

Genteng Metal Pasir

Genteng Metal memiliki beragam kelebihan, genteng jenis ini mampu meredam suara dari luar, seperti suara hujan. Keistimewaan genteng jenis ini adalah adanya lapisan terluar yang tidak dimiliki oleh genteng jenis lainnya, yaitu lapisan permukaan yang seperti berpasir. Selain mampu meredam suara bising dari luar, lapisan berpasir ini mampu menangkal suhu panas, walaupun kemampuan menangkal suhu panas ini tidak sebaik seperti jenis genteng lain.

Secara harga, genteng ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan genteng beton, tapi perlu diingat bahwa genteng jenis metal berpasir dijual dalam satuan ukur meter (1 m2) sedangkan genteng beton dijual satuan, dengan ukuran sekitar  42 cm x 28 cm. Genteng metal memiliki massa yang jauh lebih ringan dibandingkan dengan genteng beton, dan karena bentuknya yang tipis, genteng ini rentan akan tekanan, jadi saat memasang genteng ini harus hati-hati ya.

Kelebihan genteng metal lainnya adalah sistem penguncian. Genteng jenis ini memiliki penguncian khusus saat dipasang sebagai atap rumah, sehingga tidak mudah lepas dan bergeser, dan tidak membutuhkan struktur rangka atap yang rapat karena ukuran genteng ini yang cukup besar.

 

Genteng Beton

Genteng beton adalah jenis genteng yang akhir-akhir ini menjadi primadona lho gaes, karena banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh jenis genteng ini. Apa aja sih ?

Genteng beton adalah genteng yang dibuat dengan material semen dan beberapa unsur tertentu, yang menjadikannya primadona adalah karena ketahanan genteng ini yang terbilang cukup lama, yaitu sekitar 15 tahun bahkan sampai 20 tahun. Genteng beton memiliki struktur yang jauh lebih kokoh dibandingan dengan genteng lain, selain itu kemampuan istimewa genteng ini adalah memantulkan suhu panas sehingga penghuni rumah akan senantiasa merasa sejuk walaupun suhu di luar rumah terik.

Selain itu genteng jenis ini mampu meredam suara bising dari luar loh ! dan tahan terhadap perubahan cuaca, serta tidak berubah bentuk atau memuai. Selain itu genteng beton tidak mudah pecah walaupun diinjak. Dan karena ketebalannya, genteng beton ini juga mampu menjaga suhu yang ada di dalam ruangan agar tidak cepat berubah. Serta tidak mudah berubah warna seperti genteng jenis lainnya seperti genteng tanah liat, ataupun genteng metal.

Penggunaan genteng ini juga lebih sehat dibandingkan dengan asbes, karena partikel asbes yang terlepas di udara bisa menyebabkan penyakit pernapasan serius jika terhirup oleh manusia. Perawatan genteng beton juga lebih rumit, karena genteng beton memiliki pori yang jika tidak dirawat dengan tepat akan menimbulkan suhu lembab pada genteng dan berakibat buruk pada ketahanan genteng itu sendiri. Genteng beton perlu dilapisi oleh pelapis khusus setidaknya 1-2 kali dalam sebulan.

 

Kelebihan Dan Kekurangan Genteng Beton Dan Genteng Metal

  • Genteng Metal jauh lebih ringan, sedangkan genteng beton cenderung lebih berat dan membutuhkan rangka atap yang jauh lebih kuat.
  • Genteng Beton lebih tahan terhadap tekanan, genteng metal tidak.
  • Genteng Beton tidak mengalami pengelupasan, genteng metal lebih mudah mengelupas.
  • Genteng Metal tidak terlalu baik dalam menangkal suhu panas, genteng beton bisa memantulkan suhu panas dan menjaga suhu ruang tetap stabil.
  • Genteng Metal tidak mudah bergeser karena memiliki kuncian khusus saat pemasangan.
  • Genteng Beton dan Metal sama-sama mampu meredam suara dari luar.
  • Perawatan genteng beton jauh lebih ekstra.

Wah, ternyata genteng pun perlu diperhatikan ya gaes, karena berkaitan dengan kesehatan kita dan juga keamanan saat menghuni rumah. Jadi jangan asal memiliki genteng ya.

Di perumahan Sakura Sejahtera sendiri sudah menggunakan genteng beton dengan kualitas tinggi yang dipasang dengan sangat teliti dan dengan rangka atap yang sangat kuat. Genteng ini kami pilih karena kami sangat memperhatikan kualitas bangunan kami gaes J

Nah itu lah sedikit penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan genteng beton dan genteng metal gaes, semoga bermanfaat ya, see you in the next article ! tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku, gunakan masker saat berada di luar rumah dan jauhi kerumunan, serta jangan lupa rajin mencuci tangan. Stay safe everyone ! 😀

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.