Dewasa ini pilihan desain rumah sangat diperhitungkan, karena memilih desain rumah juga berarti sudah memikirkan anggaran atau biaya-biaya yang harus dikeluarkan. Jika dalam bentuk rumah yang sudah jadi dan sudah kita miliki, kita akan disuguhkan dengan biaya-biaya renovasi sesuai dengan desain rumah yang kita inginkan. Namun akan menjadi keuntungan tersendiri apabila kita membeli rumah yang sudah sesuai dengan keinginan kita, baik dari segi desain dan tipe, serta spesifikasinya. Karena artinya tidak akan ada biaya tambahan lain yang dikeluarkan untuk merubah desain yang sudah ada.

 

Berikut ini adalah 2 desain dari beberapa desain favorit yang sering dipilih mayoritas masyarakat Indonesia.

 

The Sun House by Guz Architects.

  1. Modern Tropis

Desain Modern Tropis adalah desain yang memadukan gaya modern minimalis dengan gaya tropis yang mengedepankan unsur alam di dalamnya. Desain rumah ini sangat cocok diterapkan di Indonesia dengan iklim yang kita miliki. Desain ini memberikan kesan hangat dan nyaman, serta sentuhan yang unik mengingat bahan yang digunakan adalah perpaduan bahan alami dan bahan modern. Ciri khas desain rumah ini terletak pada pencahyaan alami yang dapat masuk lebih baik dari pada desain rumah yang lainnya. Dan dekorasi terbuka yang dapat memanfaatkan sirkulasi udara yang lebih besar. Tidak jarang desain ini banyak menggunakan tanaman yang langsung ditanam di pekarangan maupun pot dalam jumlah yang cukup banyak agar terlihat lebih asri, namun tetap memperhatikan estetika dan tidak meninggalkan desain dan sentuhan modern di luarnya. Desain ini membutuhkan treatment yang bervariatif, mengingat rumah dengan jenis desain seperti ini memiliki beberapa komponen seperti tanaman, bahan non-alam, dan bahan alam yang digunakan dalam merancang rumah tersebut.

House di Jakarta, karya HYJA tahun 2005 (Sumber: arsitag.com)

  1. Minimalis

Desain jenis ini adalah desain yang paling banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia, karena rumah dengan desain ini tidak mengharuskan kita untuk mengeluarkan  biaya yang banyak dan tindakan khusus dalam perawatannya. Desainnya yang simple namun tetap artistik menjadikannya sebagai primadona bagi masyarakat Indonesia, hampir di setiap jalan sampai dengan gang-gang kecil yang kita lalui selalu ada rumah dengan tipe desain minimalis. Desain ini pula tidak membutuhkan lahan yang cukup luas untuk bisa diterapkan pada sebuah rumah, hal ini bisa menjadi kunci bagi kita yang memiliki lahan terbatas namun menginginkan sebuah rumah yang terlihat menawan dan simple. Rumah dengan desain minimalis menekankan pada tampak sebuah rumah yang lebih modern, tanpa menambahkan banyak komponen pada bagian ekteriornya.

 

Jadi, apakah para pembaca sudah memiliki gambaran tentang seperti apa desain rumah yang diinginkan ? selain memikirkan desain yang cocok sesuai dengan keinginan, kita juga perlu menyesuaikan anggaran yang kita miliki, ya.

Berikut adalah gambaran singkat mengenai dua tipe rumah yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, semoga bermanfaat. ^^

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.