6 Tips Menabung Untuk Membeli Rumah

Membeli rumah adalah impian banyak orang, pembelian dengan cara cash, ataupun kredit yang bisa menjadi solusi keuangan kita belum bisa menjangkau pembelian cash.
Pembelian cash maupun kredit dibutuhkan perencanaan keuangan yang matang, kita akan disuguhkan dengan banyak biaya-biaya yang harus kita penuhi, seperti pengurusan surat-surat, sampai dengan PDAM. Semua itu bisa kita atasi dengan menabung.

Di bawah ini adalah 6 tips cara menabung agar kita bisa membeli rumah yang kita impikan.

 

 

Image source by dictio.id

1. Tentukan tujuan.
Hal ini adalah penting, karena saat kita sudah berniat untuk menabung namun jika tanpa tujuan yang jelas akan menyebabkan uang yang kita tabung habis dengan hal-hal yang mungkin bukan prioritas utama kita, atau tujuan itu sendiri.
Jadikan pembelian rumah sebagai prioritas utama atau tujuan kita menabung, agar kita selalu ingat bahwa kita menabung adalah untuk membeli tumah impian kita.

2. Tentukan target.
Apakah menentukan jumlah target uang yang akan kita tabung menjadi hal yang penting ? Tentu saja penting ! mengapa ? karena dengan kita memiliki target kita akan mengetahui berapa besar jumlah tabungan dalam sebulan dan seterusnya, kita juga akan mengetahui dengan pasti kapan rumah impian kita akan dapat kita beli.
Target ini perlu disesuaikan dengan jumlah pendapatan dan pengeluaran masing-masing orang. Jadi, hal ini kembali kepada diri kita sendiri.

 

Image source by Akurat.co

3. Lunasi hutang.
Mengapa harus melunasi hutang ?
Tentu saja harus melunasi hutang terlebih dahulu, karena hutang adalah hal yang wajib dibayarkan atau diganti, dan untuk membayarya dibutuhkan biaya-biaya. Jika menabung dalam keadaan memiliki hutang, bisa saja suatu saat nanti uang tabungan yang kita miliki akan terpakai untuk membayar hutang tersebut.

Hal tersebut pula yang akan membuat kita gagal dalam mencapai target yang sudah kita buat. Maka dari itu, melunasi hutang adalah sebuah keharusan yang dilakukan sebelum kita menabung untuk membeli rumah.

 

Image source by Hipwee.com

4. Coba menabung emas
Menabung dalam bentuk emas adalah sebuah opsi saat kita tengah fokus menabung untuk membeli rumah, mengapa ? tabungan emas relatif stabil dan bahkan cenderung mengalami kenaikan nilai terhadap emas itu sendiri.

Tabungan yang tidak berbentuk uang ini pula dapat membantu kita untuk membiasakan diri mengurangi gaya hidup yang konsumtif. Dengan begitu kita tidak akan terlalu sering menarik uang dari rekening.

5. Memiliki dua rekening
Hal ini juga sebuah opsi tambahan bagi kita yang memiliki gaya hidup konsumtif, dengan memiliki dua rekening akan membantu kita dalam memisahkan rekening tabungan yang harus kita prioritaskan untuk membeli rumah, dengan rekening yang dapat kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari.

Namun hal ini bukanlah kewajiban bagi mereka yang mampu mengolah keuangannya dengan baik dan tidak memiliki kebiasaan konsumtif yang tinggi.

 

Image source by Ababyalbum.com

6. Berhemat
Tentu saja hal ini adalah sebuah kewajiban, gaya hidup dengan kebiasaan konsumtif yang tinggi adalah hal yang dapat menghambat kita dalam menabung untuk membeli rumah. Kita harus membiasakan diri untuk hidup berhemat dan pandai mengatur keuangan serta menekan pengeluaran terhadap hal-hal yang tidak penting.

 

Image source by Dproperty.co.id

Selain pembelian dengan cash, kita juga bisa mengikuti program pembelian rumah dengan cara KPR atau Kredit Pemilikan Rumah. Program ini adalah pembelian rumah secara kredit dengan jangka waktu tertentu, kita akan diberikan harga dan besaran pinjaman plafon oleh pihak penyedia program KPR. Pada program ini besaran plafon dapat ditentukan setelah harga jual suatu rumah dikurangi oleh besaran uang muka yang harus kita bayarkan. Plafon tersebut nantinya yang akan menjadi hutang kita kepada pihak penyedia pinjaman (dalam hal ini adalah Bank) yang akan kita setorkan setiap bulannya sebagai cicilan. Dengan mengikuti program KPR, kita tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memiliki rumah impian kita.

Sekian tips dari kami, semoga bermanfaat. Tetap jaga kesehatan, terapkan protokol kesehatan di mana pun kita berada, dan jangan lupa memakai masker! ^^

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *