Cara Merawat Tanaman Di Rumah Agar Tidak Mudah Layu

Hai Hai Sahabat Sakura, jumpa lagi sama mimin nih ! hehe XD

Sahabat Sakura ada yang memiliki hobi merawat tanaman ? wah, pasti sudah sangat paham ya tentang hal-hal apa saja yang seharusnya dipersiapkan untuk menanam dan merawat tanaman di rumah agar tidak mudah layu dan mati.

Tapi, bagi sebagian orang yang baru akan mulai menanam tanaman, informasi tentang cara merawat tanaman pasti akan sangat berguna. Karena tidak jarang orang-orang yang baru memulai menanam tanaman untuk dijadikan hobi, malah membuat tanaman tersebut layu dan mati. Pada akhirnya ia akan berpikir bahwa menanam dan merawat tanaman adalah aktivitas yang sulit untuk dilakukan.

Padahal, jika mengetahui cara terbaiknya, aktivitas ini bisa menjadi hal yang sangat mengasyikan loh. Penasaran apa saja tipsnya ? di bawah ini mimin berikan beberapa tips merawat tanaman agar tanaman kita tidak mudah layu dan mati, cekidoott !

 

  1. Perhatikan Kualitas Tanah

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah kualitas tanah, hal ini sangat menentukan keberhasilan dalam menanam tanaman bagi seorang penghobi tanaman pemula. Tapi ingat ya sahabat sakura, tidak semua tanaman bisa hidup dengan baik di tanah.

Ada beberapa jenis tanaham yang akan tumbuh dengan sehat bila hidup dalam sekam, pakis cacah, arang, atau bahkan menempel pada batang tanaman lainnya. Jadi pastikan tanaman yang kalian pilih sudah sesuai dengan keinginan, dan kalian sudah mengetahui informasi dasar ini ya.

 

  1. Pilih Media

Perhatikan jenis tanaman yang baru sahabat sakura pilih, karena tidak semua tanaman bisa hidup dengan baik di dalam media yang sama. Untuk tanaman besar sebaiknya pilih lahan tanah sebagai medianya. Tanaman berjenis besar membutuhkan ruang untuk hidup yang jauh lebih besar pula.

Untuk tanaman kecil, sahabat sakura bisa menggunakan pot sebagai medianya, selain tidak membutuhkan lahan yang besar, tanaman kecil akan lebih mudah untuk dipantau dan dirawat. Tapi perhatikan unsur lainnya selain pot dan tanah ya.

 

  1. Intensitas Air

Beberapa jenis tanaman seperti Lidah Mertua, Kaktus, dan Ponny Palm tidak membutuhkan banyak air pada perawatannya. Dan jenis tanaman lain membutuhkan intensitas penyiraman air yang lebih sering dari contoh tanaman tersebut.

Pada intinya adalah sesuaikan jenis tanaman dan waktu yang kalian miliki. Usahakan kalian menyiramkan air dengan cukup secara teratur sesuai jenis tanaman yang kalian tanam. Jangan menyiramkan air dengan intensitas yang terlalu tinggi hingga air menggenang di pot, karena hal tersbut hanya akan mengakibatkan akar tanaman berubah menjadi busuk dan tanaman akan mati. Pun jika kekurangan air tanaman akan mudah layu. Jadi secukupnya saja, ya !

 

  1. Penggunaan Pupuk

Penggunaan pupuk sesuaikan dengan kebutuhan, sampai saat ini pupuk kompos atau organik yang berasal dari kotoran hewan masih menjadi pupuk terbaik dan paling banyak dipilih oleh masyarakat.

Penggunaan pupuk bisa membantu memelihara kesuburan tanah, efeknya tanaman kita jadi sehat dan terpelihara dengan baik.

 

  1. Cahaya Matahari

Tanaman membutuhkan cahaya matahari untuk tumbuh dan berkembang. Cahaya matahari juga berperan penting dalam membantu proses fotosintesis pada tanaman.

Jika kalian menanam tanaman di dalam pot dan diletakkan di dalam rumah, usahakan untuk tetap meletakkan tanaman di tempat yang terkena sinar matahari di dalam rumah, atau kalian bisa membawanya keluar rumah secara rutin. Walaupun pada beberapa jenis tanaman tertentu tetap bisa hidup dengan keadaan ruangan yang redup, tapi harus tetap diberikan cahaya matahari ya.

 

  1. Ganti Tanah

Tanaman membutuhkan banyak nutrisi untuk bisa bertahan hidup, nutrisi tersebut diantaranya adalah nitrogen, fosfor, potassium, magnesium, sulfur, dan kalsium.

Beberapa kandungan tersebut sudah ada di dalam tanah yang sehat, jadi usahakan untuk mengganti tanah jika tanah terlihat sudah tidak sehat atau kekurangan nutrisi ya.

 

  1. Membersihkan Sekeliling Tanaman

Rutin membersihkan sekeliling tanaman dapat mencegah tanaman terserang penyakit dan hama. Saat membersihkan lingkungan di sekitar tanaman, jangan lupa untuk mencabut tanaman yang sudah mati, rumput liar, dan binatang atau hama yang bisa merusak tanaman kita.

Lakukan aktivitas ini secara rutin untuk memastikan tanaman kita berada dalam keadaan yang baik-baik saja.

 

  1. Ganti Pot

Jika kita menanam tanaman di dalam pot, jangan lupa untuk mengganti pot tersebut secara berkala ya, hal ini dimaksudkan agar tanaman bisa tumbuh dan berkembang tanpa gangguan apapun. Tanaman yang semakin besar tentunya membutuhkan ruang yang besar pula.

Nah, itulah beberapa tips dari mimin untuk kita semua yang baru akan menanam tanaman dan menjadikan aktivitas ini sebagai hobi. Semoga info ini bermanfaat ya sahabat sakura. Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, selalu cuci tangan dengan sabun dan menggunakan masker juga ya, stay safe everyone ! J

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *