Hi Sahabat Sakura, gimana nih harinya ? semoga tetap menyenangkan walaupun masih di tengah PPKM ini ya. Sahabat Sakura sudah vaksin belum nih ? semoga sudah ya, kalau belum yuk segera ikut vaksin covid19, semakin cepat kita vaksin, maka akan semakin baik.

Tapi sahabat sakura tau gak sih apa itu vaksin ? dan kenapa kita harus di vaksin ?

Dilansir dari laman covid19.go.id, Vaksin adalah sebuah zat yang dibuat dan diberikan kepada tubuh dengan tujuan untuk membentuk kekebalan tubuh dari penyakit tertentu, sehingga tubuh akan terhindar dari penyakit tersebut.

Sebelum melakukan vaksinasi, peserta diwajibkan untuk mendaftar, lakukan pendaftaran secara online untuk mencegah antrian panjang atau menumpuknya peserta vaksin di satu titik tertentu.

Untuk mengikuti vaksinasi covid19 ada beberapa persiapan loh, yang semoga bisa membantu tubuh untuk lebih siap menerima vaksin, sehingga proses vaksinasi berjalan lebih aman dan lancar.

Nah, mimin sudah buat nih artikelnya, cekidoott !

  1. Jangan Minum Alkohol

Usahakan untuk tidak minum alkohol setidaknya 2 hari sebelum vaksinasi dilakukan, dan dalam 2 minggu setelah vaksinasi dilakukan. Hal ini dianjurkan agar imun kita tetap dalam keadaan baik, karena alkohol dapat melemahkan sistem imun. Sebaiknya tunda vaksinasi jika sistem imun kita sedang tidak baik-baik saja.

 

  1. Rutin Berolahraga

Olahraga rutin bisa dilakukan 1 minggu sebelum vaksinasi. Manfaat olahraga sebelum vaksin adalah dapat menjaga kestabilan tekanan darah dan menjaga agar sistem imun tetap dalam keadaan baik. Tetapi jangan lakukan olahraga berat sebelum vaksinasi ya, karena bisa menyebabkan kelelahan, usahakan dalam 24 jam sebelum vaksin tubuh mendapatkan istirahat yang cukup.

 

  1. Tidak Begadang

Tidur larut malam atau begadang adalah aktivitas yang tidak hanya berbahaya jika dilakukan sebelum vaksin, namun juga berbahaya untuk kesehatan. Saat kita begadang, tubuh akan kekurangan energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Aktivitas ini kemungkinan bisa memperburuk keadaan tubuh setelah vaksinasi, seperti resiko peradangan di dalam tubuh contohnya.

 

  1. Jangan Lupa Makan

Aktivitas sarapan atau makan siang sebelum vaksinasi akan menjaga tubuh dari kemungkinan lemas akibat kekurangan energy. Jaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik juga ya, kekurangan cairan juga bisa berdampak buruk bagi tubuh.

 

  1. Jaga Agar Suhu Tubuh dan Tekanan Darah Dalam Keadaan Normal

Suhu tubuh yang ideal sebelum vaksin setidaknya berada di bawah 37,3 derajat celcius, dan tekanan darah berada di bawah 180 per 110. Atau Sahabat Sakura bisa melakukan Medical Check Up sebelum Vaksinasi untuk lebih memastikan.

 

  1. Pastikan Tidak Ada Penyakit Bawaan Yang Dilarang

Beberapa penderita penyakit tertentu tidak diperbolehkan untuk menerima vaksin, atau setidaknya dibutuhkan rekomendasi dokter apakah jenis penyakit bawaan tertentu bisa menerima vaksin. Untuk memastikannya Sahabat Sakura bisa cek terlebih dahulu ke dokter atau penyedia layanan kesehatan di sekitar kalian ya.

 

Nah itulah beberapa persiapan yang sebaiknya dilakukan oleh Sahabat Sakura sebelum mengikuti proses vaksinasi, selalu jaga kesehatan tubuh dengan menjalankan gaya hidup sehat dan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku ya. Stay safe everyone !

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.