Membedakan Developer Perumahan Bodong dan Berkualitas

Membedakan Developer Perumahan Bodong dan Berkualitas

Memiliki rumah sendiri tentunya menjadi impian bagi hampir semua orang. Membeli rumah juga memerlukan proses yang panjang, kita perlu menyiapkan dana yang sangat besar dan juga memastikan kelengkapan dokumen kita. Namun jika kita bisa membeli rumah impian kita maka semua proses yang harus dijalani tentunya menjadi sepadan. Sayangnya, kita tidak hanya cukup mengumpulkan uang dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan saja untuk membeli sebuah rumah. Kita juga perlu berhati-hati dengan penipuan yang sedang terjadi belakangan ini yaitu Developer Perumahan Bodong yang membawa kabur uang hasil jeri payah dari orang-orang untuk membeli sebuah rumah.

Kita perlu cermat dalam Membedakan Developer Perumahan Bodong dan Berkualitas karena kita tentunya tidak mau menjadi korban penipuan. Kita harus membekali diri kita dengan beberapa hal supaya tidak mudah tertipu oleh Developer Perumahan Bodong.

Mari kita sama-sama melihat apa saja yang Membedakan Developer Perumahan Bodong dan Berkualitas.

  1. Kredibiltas Developer

Ini adalah hal paling penting yang harus kita pastikan sebelum membeli rumah dari developer yang ada. Kita perlu memastikan bahwa Developer tersebut mempunyai izin untuk membangun perumahan dan legal secara hukum. Cara paling mudah untuk mengecek kredibilitas Developer Berkualitas adalah memastikan mereka terdaftar di sireng.pu.go.id, Sireng adalah sistem registrasi pengembang nasional, jadi Developer yang legal dan sudah melengkapi dokumen secara hukum bisa terdaftar resmi di Sireng. Kita ambil contoh Sakura Sejahtera, terbukti sebagai Developer Resmi yang terdaftar secara legal di Sireng dan APERSI (Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia). Developer Bodong pasti tidak mempunyai status resmi di Sireng karena mereka tidak akan bisa melengkapi dokumen sebagai Developer secara hukum.

Baca Juga : Apa itu Fasilitas Clubhouse?

Membedakan Developer Perumahan Bodong dan Berkualitas

  1. Transaksi Pembelian Legal

Hindari untuk melakukan transaksi apapun terutama pembelian rumah di bawah tangan. Untuk sejumlah besar uang yang kita keluarkan untuk membeli rumah, tentunya proses transaksi tersebut harus dilakukan secara resmi di depan notaris sehingga mempunyai kekuatan hukum yang sah. Developer yang Berkualitas biasanya akan menginfokan dengan jelas proses transaksi pembelian rumah yang nantinya akan dilakukan di notaris. Dengan begitu kita tahu bahwa Developer Bodong akan terus meminta kita untuk melakukan transaksi pembelian rumah di bawah tangan, tanpa harus ke notaris.

 

  1. Cek Kelengkapan Sertifikat

Saat membeli sebuah rumah, ada surat-surat yang akan menjadi milik kita. Kalau kita membeli rumah secara tunai maka surat-surat tersebut akan langung diserahkan kepada kita namun jika kita membeli dengan sistem KPR maka surat-surat berharga

tersebut akan dipegang oleh pihak Bank yang bersangkutan sampai kita selesai membayar cicilan baru akan diserahkan kepada kita. Akta Jual Beli (AJB), Sertifikat Hak Milik (SHM) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) adalah surat-surat yang menjadi hak kita dan pasti akan menjadi milik kita jika kita sudah membeli secara lunas sebuah rumah. Kita perlu memastikan bahwa nama kita yang tercantum di semua surat-surat berharga tersebut.

Lihat Juga : Miliki Hunian Ekslusif sekarang Juga !

  1. Memantau Proyek Pembangunan

Pada umumnya di masa sekarang ini banyak rumah yang ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau karena rumahnya masih dalam proses pembangunan atau bahkan belum dibangun sama sekali. Hal ini bukanlah masalah jika Developer bisa memberikan bukti proses pembangunan yang ada atau contoh dari perumahan yang sudah jadi. Developer Berkualitas tentunya dengan senang hati akan memberikan bukti dokumentasi untuk proses pembangunan rumah kita, sedangkan Developer Bodong pasti akan terus menghindar dan akhirnya kabur jika kita terus meminta bukti dokumentasi dari rumah yang sedang dibangun.

 

  1. Hindari Janji Manis

Para korban Developer Bodong biasanya percaya kepada janji manis yang diberikan oleh Developer Bodong tersebut. Mereka bisa saja menawarkan rumah dengan harga yang sangat miring bahkan cenderung tidak masuk akal, namun jika kita dalam posisi sedang ingin membeli rumah maka kita bisa saja percaya dan akhirnya menjadi korban baru. Kita harus lebih cermat dalam hal ini dengan berhati-hati untuk tidak mempercayai janji manis yang diberikan oleh Developer Perumahan begitu saja sebelum kita memastikan poin 1 sampai 4 yang kita bahas tadi.

Semoga dengan adanya informasi yang ada, kita bisa lebih berhati-hati saat akan membeli rumah. Jangan sampai kita menjadi korban dari Developer Bodong yang berikutnya. Jika kita merasa ada yang tidak benar dengan Pengembang suatu perumahan maka kita bisa melaporkannya kepada petugas hukum untuk dapat ditindaklanjuti. Kita harus lebih waspada dan cermat jika ingin membeli sebuah rumah karena harganya tidak murah.

Developer Berkualitas yang sudah pasti terjamin, salah satunya adalah Sakura Land atau Sakura Sejahtera. Hubungin mimin ya kalau kalian lagi cari rumah dan ingin membeli rumah di Developer Berkualitas. Sampai jumpa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.