Halo gaes, balik lagi sama mimin nih hehe, gimana kabarnya ? semoga sehat-sehat aja ya.

Btw gaes, kalian pernah ngalamin cat di rumah kalian mudah luntur padahal cat itu umurnya masih baru banget, kira-kira kenapa ya ?

Nah, bisa jadi karena penggunaan cat yang tidak semestinya gaes, maksudnya penggunaan cat yang seharusnya untuk bagian dalam rumah tapi digunakan di tembok bagian luar rumah. Kenapa bisa gitu ya gaes ?

Kali ini mimin mau berbagi info untuk sahabat sakura mengenai perbedan cat eksterior dan interior. Yuk langsung aja kita simak perbedaannya, cekidoott !

 

Bahan cat

Pada bahan pembuatannya, cat interior biasanya memiliki campuran resin yang jauh lebih kaku dibandingkan dengan cat eksterior. Cat interior juga dibuat dengan bahan-bahan yang dapat menghasilkan cat dengan kemampuan anti noda, tahan terhadap goresan, tahan rembes, dan juga mudah dibersihkan.

Sedangkan cat eksterior dibuat khusus agar tahan terhadap perubahan suhu atau cuaca, serta jamur dan kelembapan tinggi. Cat ini biasanya memiliki kandungan lateks akrilik. Semakin tinggi kandungan lateks akriliknya, maka akan semakin baik kualitasnya.

 

Penggunaan

Pada penggunaannya, cat interior digunakan untuk dinding bagian dalam rumah, sedangkan cat eksterior untuk dinding bagian luar rumah, penggunaan cat dengan lokasi yang berbeda ini juga dimaksudkan agar sesuai dengan fungsinya. Untuk cat interior dikhususkan agar lebih menonjolkan estetika sebuah ruangan di dalam rumah, sedang cat eksterior lebih kepada melindungi dinding luar rumah dari cuaca ekstrim atau perubahan suhu. Penggunaan cat interior di luar rumah bisa berakibat pada cat itu sendiri, ada banyak kasus cat tembok yang tidak tahan lama serta berjamur. Hal ini diyakini karena kurang tepat pada penggunaannya.

 

Harga

Dari segi harga, cat eksterior masih memiliki harga yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan cat interior. Hal ini lah yang kadang-kadang menjadi pertimbangan besar pagi pengguna cat. Tidak sedikit orang menggunakan cat interior pada bagian eksterior atau dinding luar rumahnya karena alasan harganya yang lebih terjangkau. Tapi faktanya, cat interior tidak dibuat dengan ketahanan yang kuat terhadap perubahan suku serta kelembapan yang tinggi. Itu lah sebabnya cat tidak memiliki umur yang panjang, karena keliru pada penggunaannya.

Walaupun cat interior tidak bisa menggantikan peran dari cat eksterior, tapi cat eksterior ada yang bisa digunakan di dalam rumah lho ! sayangnya, jika hal ini dilakukan maka kita membutuhkan cost yang lebih tinggi dari yang seharusnya.

 

Nah gaes, itu lah beberapa perbedaan antara cat interior dan eksterior, semoga tulisan ini bisa sedikit membantu sahabat sakura ya. Tetap gunakan masker saat berada di luar rumah, selalu cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, dan hindari kerumunan ya. Stay safe everyone ! 😀

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.