Halo gaes, balik lagi ni sama mimin, kalian tau gak sih kalau rumah yang sehat memiliki beberapa indikatornya sendiri loh ! rumah menjadi tempat kita untuk bersantai, bercengkrama dengan keluarga, hingga melepaskan penat atau beristirahat. Tapi, gimana kalau ternyata rumah kita selama ini belum atau kurang sehat bahkan bisa menimbulkan resiko terhadap kesehatan kita.

Wah, gawat ya. Jadi apa aja sih indikator rumah sehat menurut Sakura Sejahtera ? nah tanpa panjang lebar lagi, yuk kita sama-sama baca artikel di bawah ini,

cekidoott !

 

  1. Cahaya

Rumah yang menghadap ke arah matahari akan memiliki supply cahaya yang cukup, terlebih jika selalu mendapatkan cahaya matahari di pagi hari. Selain baik untuk kesehatan, juga bisa menghemat listrik, karena cahaya yang masuk ke dalam rumah akan menggantikan peran lampu dan menekan cost listrik harian kita.

 

  1. Sirkulasi Udara

Selain cahaya, unsur lainnya yang penting adalah sirkulasi udara. Bagaimana bisa sebuah rumah dikatakan sehat jika rumah itu tidak memiliki sirkulasi udara yang baik ? nah, untuk bisa mendapatkan sirkulasi udara yang baik, dibutuhkan ventilasi yang cukup. Sirkulasi udara yang baik juga turut mempengaruhi kesehatan diri kita dan juga rumah kita loh ! dengan adanya sirkulasi udara yang baik juga bisa menjaga agar rumah kita tidak terlalu lembab pada bagian tembok atau lantainya.

 

Ingat gaes, tembok dan lantai yang terlalu lembab sangat rawan terhadap pertumbuhan jamur. Gak mau kan tembok dan lantai di rumah kita jamuran ? keadaan rumah yang terlalu lembab juga bisa mengundang hama rumah untuk tinggal di dalam rumah, seperti kecoa, tikus, dan lain-lain. Hama ini bisa membawa berbagai macam virus dan bakteri masuk ke dalam rumah, hiii serem ya sahabat.

 

  1. Kualitas Air

Air tidak hanya digunakan untuk memasak makanan dan minum, melainkan juga aktivitas rumah tangga lainnya seperti mencuci, dan lain-lain. Kualitas air yang baik mampu membawa dampak positif bagi jasmani pemilik rumah dan juga kebersihan rumah itu sendiri.

 

  1. Tempat Sampah

Tempat sampah menjadi salah satu indikator rumah sehat nih gaes, saat kalian memiliki tempat sampah di rumah dan tidak membuang sampah tersebut dengan sembarangan artinya kalian sudah bisa mengelola sampah dengan baik. Tapi mimin mau tanya, kalian tim angkat sampah setiap hari atau yang menumpuknya dulu sampai penuh baru setelah itu dibuang ? menumpuk atau menunggu sampah hingga penuh di tempat sampah sama artinya membiarkan bakteri di dalam tong sampah berkumpul atau bahkan berkembang biak. Jika sampah tidak segera dibuang hal yang akan terjadi adalah timbulnya bau tidak sedap dari sampah tersebut, selain itu bakteri yang sudah berada di dalam tempat sampah bisa saja menyebar ke dalam ruangan.

 

  1. Kebersihan

Kebersihan rumah menjadi hal yang juga penting untuk kita jaga ya sahabat. Selain kebersihan ruangan di rumah, kebersihan peralatan rumah tangga dan alat eletroknik juga harus di perhatikan, terlebih kita masih berada di tengah keadaan pandemi. Virus dan bakteri bisa saja masuk ke dalam rumah kita tanpa kita ketahui. Ini lah pentingnya membersihkan rumah dan perabotnya secara teratur.

 

  1. Lingkungan Asri

Lingkungan rumah yang dikelilingi oleh pepohonan akan terasa sejuk, hal ini akan berdampak tidak hanya pada kesehatan kita, melainkan kesehatan rumah kita juga loh. Selain itu, kondisi lingkungan yang asri juga memiliki kualitas udara yang lebih baik.

 

Di Sakura Sejahtera sendiri, kami selalu memperhatikan setiap unsur yang menjadi indikator kesehatan rumah, kami selalu berupaya menghadirkan hunian yang sehat dan baik, serta layak bagi pelanggan kami.

Nah itu lah gaes beberapa indikator rumah yang sehat versi Sakura Sejahtera, tetap jaga kesehatan dan selalu gunakan masker saat berada di luar rumah ya, dan jangan lupa untuk rutin mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer, serta jauhi kerumunan. Stay safe everyone !

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.