Smarthome atau hunian pintar adalah sebuah hunian yang pada dasarnya sama seperti hunian konvensional. Yang membedakan smarthome dengan rumah pada umumnya adalah smarthome dilengkapi dengan fasilitas yang dapat membantu memudahkan penghuni rumah. Item-item Smarthome membutuhkan koneksi internet dan koneksi bluetooth untuk dapat beroperasi dengan optimal.

Pada intinya smarthome adalah rumah yang berbasis teknologi pintar. Jika sahabat Sakura pernah melihat lampu yang bisa menyala dan mengatur warna serta tingkat kecerahan dengan panduan suara dan tepukan tangan atau ac yang bisa menyala dan mati dengan sendirinya atau bahkan mengatur suhu hanya dengan suara si penghuni, itulah beberapa contoh dari teknologi pintar di dalam sebuah rumah. Menariknya teknologi ini mampu dikendalikan dari jarak jauh.

Smarthome system dapat beroperasi secara optimal dengan dukungan koneksi internet, cara kerja teknologi pintar di rumah ini adalah dengan dioperasikan melalui smartphone si pemilik rumah, melalui smartphone tersebut pemilik rumah mampu mengatur tingkat kecerahan lampu, mengatur warna lampu yang bisa disesuaikan dengan mood, mengatur suhu ruangan / ac, mengatur cctv, hingga memainkan musik dan menghidupkan layar televisi hanya dengan smartphone atau dengan panduan suara saja.

 

Sakura Sejahtera sendiri saat ini sudah memberikan fasilitas smarthome system kepada penghuni perumahan di Green Babelan Asri tepatnya di Cluster Sriwijaya di Babelan, dan di perumahan Green Sentosa Asri yang berada di Cikarang. Beberapa item smarthome system yang saat ini menjadi keunggulan kami di Sakura Sejahtera adalah sebagai berikut :

 

  1. Smartdoor Lock

Smartdoor Lock atau kunci pintu pintar adalah perangkat yang digunakan untuk menggantikan kunci tradisional yang beredar sangat banyak di pasaran. Kunci-kunci tradisional tersebut nantinya pun akan ditinggalkan mengingat terlalu mudahnya aksi kejahatan yang bisa saja timbul sejalan dengan penggunaan kunci tradisional, seperti contohnya penduplikasian kunci ataupun  pendobrakan paksa tanpa peringatan. Dengan smartdoor lock ini, penghuni rumah nantinya akan di permudah dengan kontrol jarak jauh, pengambilan data saat pintu terbuka dan tertutup, serta penghuni rumah juga akan mengetahui siapa saja yang masuk dan keluar dari rumah. Hal ini karena bentuk kerja sama antara smartdoor lock dan cctv yang ada. Smartdoor lock juga minim aksi penduplikasian kunci, karena akses masuknya yang bisa menggunakan kata kunci ataupun sidik jari penghuni rumah. Menarik, kan ? eits tapi jangan khawatir saat mati lampu dan tidak ada koneksi internet, smartdoor lock ini juga bisa digunakan secara manual.

 

  1. Smartlamp

Lampu pintar atau smartlamp, dirasa masih jarang yang menggunakan teknologi ini. Padahal dengan adanya smartlamp kita bisa menyesuaikan tingkat kecerahan lampu di sebuah ruangan hanya dengan satu pengaturan di smarphone.

Sakura sejahtera sudah memiliki teknologi ini pada setiap unit komersil di Cluster Sriwijaya dan Perumahan Green Pilar Asri. Selain kecerahan yang bisa disesuaikan, warna lampu yang bisa mengikuti mood pemilik rumah juga menarik lho.

 

  1. Mini Gateway

Pernah melihat sebuah lampu menyala dengan sendirinya ? atau mesin kopi di dapur yang membuat kopi sendiri ? atau memutar musik, mendapatkan update berita terbaru, dan menyalakan televisi dan perangkat lainnya hanya dengan perintah suara ?

Eits jangan takut, itu bukan sihir ya. Itu adalah salah satu kemampuan dari mini gateway pada smarthome system. Hal-hal seperti di atas bisa dikontrol dengan perintah suara saja, mungkin hal ini terkesan seperti film science fiction di masa depan yang segalanya sudah serba canggih. Namun begitulah kenyataannya.

 

  1. AC Control

AC Control adalah teknologi selanjutnya di dalam smarthome system yang disediakan oleh Sakura Sejahtera untuk penghuni perumahan. Teknologi ini memadukan kecanggihan smartphone sebagai remote control dan koneksi internet untuk mengoperasikannya. Beragam keluhan seperti lupa mematikan ac sebelum berangkat bekerja, atau mengeluh suhu yang terlalu / kurang dingin tapi malas ambil remote ac di tempatnya. Nantinya keluhan seperti itu tidak akan ada lagi. Karena pemilik rumah bisa sepenuhnya mengatur suhu ruangan ataupun mematikan dan menghidupkan ac dari jarak yang jauh sekalipun.

 

  1. CCTV Control

CCTV menjadi teknologi tambahan penting yang harus ada di setiap rumah untuk bisa mencatat setiap kejadian selama 24 jam, tapi siapa sih yang mau ngatur cctv secara manual ke segala arah secara terus menerus ? melelahkan pastinya. Nah, perumahan di Sakura Sejahtera sudah dilengkapi dengan CCTV Control, selain bisa mengatur arah CCTV dari smartphone, penghuni rumah juga bisa memantau setiap kejadian hanya dari smartphone saja, dan tetap bisa dikontrol dari jarak yang jauh sekalipun, jadi aman kan kalau kerja seharian dan harus meninggalkan rumah tanpa pengawasan ? hehe.

 

  1. Anti-Theft Detector

Nah, ini dia salah satu fasilitas sekaligus teknologi yang ada pada smarthome system di Sakura Sejahtera yang tidak kalah pentingnya. Anti-Theft Detector atau bisa juga disebut detector anti pencurian adalah sebuah teknologi yang mampu menjadi pengamanan ekstra bagi si penghuni rumah lho, cara kerja teknologi ini adalah dengan mengeluarkan suara alarm peringatan jika ada seseorang yang memaksa masuk rumah si penghuni. Dengan begitu penghuni akan merasa ekstra aman dari gangguan di luar rumah.

 

Nah itulah sedikit penjelasan dari mimin mengenai smarthome system dan cara kerjanya, semoga sahabat sakura bisa memahaminya ya, kalau ada yang ingin sahabat sakura tanyakan terkait smarthome system atau hal lainnya, silakan klik Whatsapp button kami pada menu profile, kami akan membantu dengan senang hati J

Terima kasih sahabat sakura atas perhatiannya, jangan lupa untuk selalu menjaga jarak dan menggunakan sanitizer, juga masker ya. Stay safe everyone !

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.