6 Tips Agar Tetap Hemat Saat Merenovasi Rumah

1.      Rencanakan biaya yang matang.

image source by cepagram.com

Merenovasi rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit, dibutuhkan anggaran yang benar-benar dapat mengcover seluruh kebutuhan mulai dari material sampai dengan uang yang akan dibayarkan kepada kontraktor yang bertugas.
Untuk itu dibutuhkan perencanaan anggaran yang matang, pembiayaan yang baik adalah saat kebutuhan biaya secara keseluruhan dapat dipenuhi dengan tepat, tanpa “mengganggu” biaya untuk kebutuhan yang lainnya.

 

2.      Gunakan bahan bangunan berkualitas.
Merenovasi sebuah bangunan baik mengurangi jumlah luas, merubah bentuk, atau bahkan menambahkan ruang pada suatu bangunan tetap membutuhkan bahan yang berkualitas.

image source by rumah.com

Hal ini menjaga kita dari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti bidang yang mudah lapuk atau rusak dalam jangka waktu yang singkat. Selain menyebabkan kerugian secara material karena artinya kita akan disuguhkan dengan biaya tambahan guna renovasi kembali, juga berbahaya bagi seisi rumah yang lainnya. Menggunakan bahan berkualitas dilakukan dengan pertimbangan agar bagian yang direnovasi tersebut dapat bertahan lebih lama.

 

3.      Mencari toko bahan bangunan atau material dengan harga bersahabat.
Rasanya jika kita membahas bahan bangunan berkualitas, tentunya akan terbayang harga tinggi yang harus dibayar, apakah masih ada bahan bangunan berkualitas dengan harga yang miring ?
Nah, disini lah posisi kita yang harus mencari toko bahan bangunan atau material dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan toko yang lainnya. Tentu saja kita harus survey harga terlebih dahulu pada beberapa toko, terkesan melelahkan, namun jika kita bisa mendapatkan toko dengan harga lebih murah, kita bisa memiliki dana lebih yang nantinya dapat kita simpan untuk biaya tidak terduga. Tahap ini bisa kita lakukan setelah kita mengetahui atau memperkirakan bahan-bahan apa saja yang akan kita gunakan. Biasanya, pembelian dalam jumlah yang cukup banyak memiliki harga tersendiri. Setelah mendapatkan toko bahan bangunan dengan harga lebih murah jangan lupa untuk membangun relasi, karena biasanya toko memiliki harga khusus bagi pelanggan-pelanggan setianya. ^^

 

4.      Memilih jasa kontraktor atau tukang bangunan yang berpengalaman.

image source by clomid.biz

Selanjutnya adalah menentukan apakah kita akan menggunakan jasa kontraktor, pemborong, atau tukang lepas harian. Menentukan pekerja yang akan merenovasi rumah kita juga perlu. Hal ini sangat mempengaruhi alokasi keuangan yang sudah kita susun dengan matang sebelumnya.
Memilih pihak yang berpengalaman dibidangnya adalah kewajiban, hal ini perlu kita perhatikan agar hasil final dari renovasi sesuai dengan apa yang kita inginkan, dan juga tidak membahayakan seisi rumah. Karena pekerja yang belum memiliki pengalaman juga akan mendatangkan resiko yang besar.

 

5.      Pilih desain minimalis.
Mengapa minimalis ? desain ini adalah pilihan bagi siapa saja yang menginginkan renovasi namun terkendala biaya yang besar.
Desain ini tidak membutuhkan banyak bahan bangunan dalam pembuatannya, dan juga tidak membutuhkan biaya lebih serta penanganan khusus untuk perawatannya, namun tetap memberikan kenyamanan dan kesan mewah.

 

6.      Berhemat dan menyiapkan dana tidak terduga.
Berhemat adalah kunci agar pembiayaan untuk renovasi tidak membengkak, jangan selalu mengikuti apa yang kita lihat, jadikan hal tersebut hanya sekedar inspirasi bagi kita dengan tidak lupa untuk menyesuaikan segala sesuatu menurut kemampuan anggaran masing-masing. Fokus pada apa yang ingin dikerjakan saja, jangan sampai hal selain itu menguasai pikiran karena akan sangat berdampak bagi anggaran yang sudah kita siapkan sebelumnya.

image source by bernas.id

Setelah kita sudah memperhitungkan segala sesuatunya dengan matang, serta menggunakan tenaga berpengalaman dibidangnya. Jangan melupakan biaya tidak terduga yang juga harus kita siapkan.
Mengapa kita harus tetap menyiapkan biaya tak terduga ? jawabannya adalah, karena segala kemungkinan bisa saja terjadi. Akan lebih baik jika kita selalu siap dengan segala kemungkinan yang ada. ^^
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *