Milenial Sulit Punya Rumah ? Ini dia penyebabnya !

Halo gaes, balik lagi sama mimin, Sahabat Sakura ada yang pernah mengalami kesulitan memiliki rumah ? apa yang menyebabkan Sahabat Sakura kesulitan pada saat itu ? semoga saat ini sudah bisa mengajukan pembelian rumah atau bahkan sudah memiliki rumah, ya. Amin.

Jadi gaes, kali ini mimin mau membahas tentang faktor-faktor penyebab milenial sulit memiliki rumah, menurut mimin beberapa hal ini penting untuk diangkat karena masih banyak yang belum mengetahui alasan di balik sulitnya memiliki rumah bagi milenial. Yuk gaes, cekidoott !

 

Milenial Sulit Punya Rumah ?  Ini dia penyebabnya !

  1. Kenaikan Harga Rumah VS Kenaikan Pendapatan

Kenaikan pendapatan yang kita terima setiap tahunnya ditentukan oleh kondisi perekonomian dan juga laju inflasi, yang jika dibandingkan dengan kenaikan harga rumah masih sangat berbeda. Jika dibandingkan dengan kenaikan harga rumah, kenaikan pendapatan masih belum bisa mengejar kenaikan harga rumah itu sendiri. Dan hal ini lah yang menjadi salah satu faktor mengapa mienial kesulitan untuk memiliki rumah idamannya.

Lihat Juga : Launching perumahan 300 jutaan dekat stasiun cikarang

 

Milenial Sulit Punya Rumah ?  Ini dia penyebabnya !

  1. Pengeluaran Yang Tinggi

Pada pos pengeluaran, milenial masih dinilai mengeluarkan uang dalam jumlah yang tinggi. Selain karena gaya hidup yang “kekinian”, kebiasaan yang tidak baik seperti pemborosan juga menjadi salah satu faktornya.

Oleh sebab itu, mulai lah menabung uang muka untuk bisa memiliki rumah impian, mengapa kita harus menabung untuk uang muka ? karena pihak developer memiliki kebijakan dan syaratnya sendiri bagi calon pembeli, termasuk menyediakan DP atau uang muka yang harus dibayar di awal saat kita memutuskan untuk membeli rumah, kita bisa memiliki rumah idaman dengan fasilitas KPR. Alasannya adalah agar kita tidak semakin tertinggal dengan kenaikan harga rumah yang semakin tinggi. Boleh saja jika kita ingin menabung dan membeli rumah dengan sistem pembelian cash, namun kenaikan harga rumah yang tinggi akan selalu terjadi pada setiap tahunnya.

Baca juga : Ingin Rumah Minimalis Anda Baik-Baik Saja Saat Musim Hujan ? Lakukan Beberapa Hal Ini !

 

Milenial Sulit Punya Rumah ?  Ini dia penyebabnya !

  1. Suku Bunga

Suku bunga pembelian rumah juga dinilai belum bisa memenuhi keinginan para milenial, karena dengan karakteristik floating rate masih dilihat sebagai sesuatu yang mengkhawatirkan bagi milenial. Suuku bunga dengan sistem fix rate dinilai baik bagi milenial, namun sukuu bunga fix rate biasanya sangat tinggi. Oleh sebab itu lah pemerintah menyediakan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan atau (FLPP). Fasilitas ini dapat membantu milenial dalam mewujudkan keinginannya untuk membeli rumah, dengan adanya fasilitas ini, DP rumah menjadi lebih ringan, serta suku bunga diatur setidaknya 5% selama 20 tahun, selain itu biaya-biaya seperti PPN, Asuransi kerugian, dan Asuransi jiwa dibebaskan dalam fasilitas ini.

Lihat juga : Promo Year End Sale Diskon 50% !!

 

Milenial Sulit Punya Rumah ?  Ini dia penyebabnya !

  1. Milenial Sebagai Pekerja Kreatif

Banyak dari milenial memiliki pekerjaan yang tidak mendapatkan slip gaji, dengan kata lain milenial bekerja sebagai pengusaha atau pun freelance tanpa ikatan kepada sebuah perusahaan. Hal ini lah yang menyulitkan pihak bank dalam mengumpulkan berkas yang menjadi syarat dalam pengajuan KPR. Ada beberapa berkas yang biasanya menjadi syarat penilaian oleh pihak bank, seperti slip gaji, dan bukti surat keterangan bekerja. Bukan berarti wirausaha tidak bisa memiliki rumah ya gaes, hanya saja orang-orang dengan kriteria usaha tertentu yang bisa diterima oleh pihak bank, seperti usaha yang sudah memiliki surat izin, ada laporan/pembukuan keuangan, dan ada bukti rekening koran selama waktu yang ditentukan oleh pihak bank.

Lihat Juga : Hujan Promo Akhir Tahun

 

Nah itu dia gaes beberapa faktor yang menyebabkan sulitnya membeli rumah bagi para milenial, semoga selalu ada solusi atas kendala yang saat ini kita hadapi ya, agar milenial bisa memiliki rumah dengan mudah.

Sadar atau tidak, sebenarnya minat untuk memiliki rumah oleh milenial juga tinggi, namun terkendala salah satunya adalah suku bunga. Di Sakura Sejahtera sendiri saat ini ada loh gaes promo suku bunga rendah yang flat bahkan hingga lunas, suku bunganya mulai 2 sampai dengan 4 persenan aja loh.

Yuk tanya-tanya sama mimin via whatsapp, klik whatsapp button yang ada di halaman utama dan setiap produk ya !

Tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku dan jangan lupa menggunakan masker ya gaes, stay safe everyone ! 🙂

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.