Dewasa ini isu penghijauan menjadi sebuah hal yang banyak diperbincangkan oleh khalayak luas, banyak diantara kita yang pada akhirnya sadar bahwa lingkungan yang hijau dan asri juga menjadi hal utama yang perlu diperhatikan.

Hal ini juga yang kerap ditanyakan oleh masyarakat yang akan membeli rumah, banyak dari mereka bertanya “apakah lingkungan perumahannya asri?”. Namun, banyak perusahaan developer yang belum memperhatikan pentingnya penghijauan bagi perumahan itu sendiri.

Padahal, penghijauan memiliki segudang manfaat bagi penghuni perumahan. Mimin bantu sedikit jelaskan apa saja yang menjadi keuntungan dari penghijauan di perumahan ya.

 

Perumahan Green Sentosa Asri

  1. Sebagai Sarana Resapan Air

Problem banjir yang sampai saat ini belum bisa ditangani dengan baik menjadi sebuah polemik yang tidak kunjung usai di setiap tahunnya. Banjir terjadi salah satunya karena kurangnya resapan air. Dengan dilakukan penghijauan sebenarnya bisa membantu mengikat air di dalam tanah, karena akar pohon mampu menyerap air dalam jumlah banyak.

 

Jogging Track Green Sentosa Asri

  1. Penyaring Udara

Aktivitas manusia menimbulkan banyak jenis polusi, salah satunya adalah polusi udara. Hal ini yang menyebabkan kualitas udara menjadi buruk dan tidak baik untuk kesehatan manusia. Langkah penanaman pohon ini mampu membantu meningkatkan kualitas udara menjadi lebih baik. Pohon mampu memurnikan karbon dioksida dan emisi rumah kaca.

 

Perumahan Green Sentosa Asri

  1. Pencegah Erosi Tanah

Mengutip publikasi resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana, pengertian erosi adalah perubahan bentuk tanah atau batuan yang dapat disebabkan oleh kekuatan air, angin, es, pengaruh gaya berat, atau organisme hidup.

Pada perumahan yang tidak memiliki “area hijau” sangat mungkin bidang tanah yang ada akan menjadi tandus, tanah yang sudah dalam keadaan tandus ini akan sangat sulit menyerap air dan kemungkinan banjir pada saat musim hujan pun semakin tinggi. Selain itu pada musim panas, partikel pada tanah yang tandus akan mudah terbawa oleh angin. Oleh sebab itu lah dibutuhkan penghijauan di area perumahan agar dapat mereduksi efek buruk dari erosi tanah.

 

One Gate System Green Sentosa Asri

  1. Membuat Lingkungan Terlihat Asri & Sejuk

Lingkungan yang hijau bisa menjadi poin penting untuk membuat penghuni perumahan merasa nyaman. Musim panas di Indonesia terasa lebih panas karena negara kita memiliki iklim tropis. Suhu panas ini semakin parah setiap tahunnya karena aktivitas manusia.

Selain menetralisir udara kotor, penghijauan pada perumahan juga mampu memberikan suasana yang sejuk serta mengurangi efek panas pada siang hari. Selain itu, lingkungan yang hijau akan nampak lebih asri dan nyaman untuk ditempati.

 

  1. Penjaga Kualitas Air

Poin ini selalu menjadi pertanyaan bagi para konsumen pada saat membeli rumah, hal ini karena air menjadi unsur penting bagi makhluk hidup, baik untuk manusia maupun hewan dan tumbuhan.

Penghijauan pada perumahan mampu menjaga kualitas air di wilayah tersebut agar tetap baik untuk dikonsumsi. Selain itu, penghijauan juga bermanfaat untuk memurnikan air yang sudah tercemar.

 

Sakura Sejahtera selalu mengusung konsep perumahan hijau dan asri, hal ini dilakukan karena menurut kami penghijauan pada perumahan adalah poin yang penting. Selain itu, penghijauan juga menjadi bagian dari kepedulian kami terhadap penghuni perumahan dan lingkungan.

Semoga sedikit penjelasan mimin bisa bermanfaat ya, tetap gunakan masker saat bepergian, jaga jarak dan selalu cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Stay safe everyone !

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.