Hai semua ! 😀

Mimin balik lagi nih, kali ini mimin mau kasih sedikit tips untuk merawat kusen kayu di rumah sahabat sakura. Kusen kayu masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia karena kayu dapat dibentuk sedemikian rupa mengikuti desain rumah.

Tapi, saat ini sulit mendapatkan kayu yang berkualitas, terlebih lagi jikalau pun ada, harganya sangat mahal. Tidak hanya harga beli yang mahal, perawatannya pun membutuhkan biaya yang cukup besar karena usia kayu yang relatif singkat jika kita tidak bisa merawatnya dengan benar.

Nah, mimin mau kasih tips nih buat sahabat sakura, tentang bagaimana merawat kusen kayu di rumah kalian agar tetap awet. Cekidooottt !

 

  1. Rutin Membersihkan Kusen Kayu

Oleh karena usia kayu yang jauh lebih  singkat dari pada besi galvalum, maka meterial kayu lebih banyak membutuhkan perawatan rutin, salah satunya adalah dengan membersihkan kusen kayu dari segala kotoran. Selain dapat menjaga kusen kayu dari kotoran, sekaligus mencegah kerusakan yang timbul akibat kotoran yang menumpuk.

 

  1. Menjaga Agar Kusen Tidak Basah

Meterial kayu sangat mungkin untuk berubah bentuk, dan kayu yang basah adalah salah satu penyebabnya. Oleh karena itu usahakan sebisa mungkin lokasi kusen kayu tersebut terlindungi dari air hujan yang bisa membuat kayu basah. Jika sudah terlanjur memiliki kusen kayu dengan lokasi yang mudah basah oleh air hujan, lindungi kusen kayu dengan cat khusus.

 

  1. Ganti Cat Kusen Secara Rutin

Dengan kita mengecat kusen, hal tersebut bisa melindungi kusen kayu kita dari kotoran dan juga udara yang lembab. Tentunya dengan cat khusus, ya ! kusen yang sudah di cat memiliki ketahanan yang jauh lebih baik dari material kayu lain yang tidak di cat, selain mencegah pelapukan dan pembusukan akibat percikan air saat musim hujan, pengecatan kusen kayu juga menambah nuansa warna bagi rumah. Oh iya, pastikan tidak ada lubang sebelum di cat ya, jika ada lubang, tutup lubang tersebut dahulu dengan dempul khusus untuk kayu dan haluskan permukaannya sebelum di cat.

 

  1. Gunakan Cairan Khusus Anti Rayap

Nah, ini nih masalah yang paling banyak ditemukan pada kayu, iya keropos ! hiiii gak mau kan ? dari pada nanti menyesal, lebih baik kayu tersebut dilapisi dengan cairan khusus anti rayap. Dengan begitu, umur kusen kayu kita akan menjadi lebih lama dan juga awet.

 

  1. Jangan Ada Benturan Keras Di Kusen

Loh kok benturan keras min ? iya dong ! tampak kusen yang cacat akibat benturan keras oleh besi, pasti akan merusak pemandangan kan ? nah pasti gak mau kan kalau kusen kita sampai cacat akibat gesekan dan benturan keras ? maka, jauhi pengguhaan barang-barang keras seperti besi dan lainnya dari kusen kayu kita, ya.

 

Itu lah beberapa tips dari mimin, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Tetap patuhi protokol kesehatan dan jangan lupa gunakan masker ke manapun kita pergi ya, jika tidak ada kepentingan lebih baik di rumah aja dengan keluarga, untuk mengurangi resiko penularan oleh virus covid-19, karena dengan menjaga diri sendiri sama artinya dengan menjaga orang lain hehe. Stay safe everyone ! 😀

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.