Yuk Menanam Tanaman Herbal di Rumah !

Hai sahabat sakura, gimana nih kabarnya ? semoga semuanya sehat-sehat selalu  ya. Kali ini mimin mau berbagi informasi terkait jenis-jenis tanaman herbal yang mudah untuk di tanam di pekarangan rumah. Tamanan herbal memiliki banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari antiseptik, sampai dengan yang bermanfaat sebagai obat untuk jenis penyakit berbahaya, loh !

Mimin menyadari bahwa ketersediaan lahan pada perumahan sudah pasti terbatas. Oleh sebab itu, mimin akan memberikan informasi beberapa jenis tanaman herbal yang bisa ditanam di lahan yang terbatas. Nah, ini dia beberapa jenis tanamannya, cekidooottt !

 

  1. Lidah Buaya

Siapa sih yang gak tau tanaman ini ? tanaman ini memiliki ciri-ciri daun yang panjang dan sedikit berduri, serta memiliki daging daun yang berwarna putih bening dan sedikit berlendir, bagi sebagian orang tanaman ini memiliki bau khas yang tidak membuat nyaman saat digunakan. Meskipun begitu, tanaman ini sangat mudah untuk ditanam bahkan jika tidak memiliki lahan sekalipun, tanaman ini bisa ditanam di dalam pot.

Beberapa manfaat lidah buaya adalah, sebagai penyubur rambut, anti inflamasi dan sebagai obat untuk mempercepat penyembuhan luka luar, mengatasi psoriasis, sebagai obat untuk kulit kering dan meredakan peradangan jerawat.

 

  1. Jahe

Adalah salah satu tanaman yang tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, tapi juga bermanfaat untuk menambah cita rasa yang lezat pada makanan. Tumbuhan tropis ini sangat mudah ditanam di pekarangan rumah, loh. Bahkan jahe bisa tetap hidup walau di tanam di dalam pot sekalipun.

Beberapa manfaat Jahe bagi kesehatan adalah sebagai pereda sakit perut, jahe kerap dimanfaatkan sebagai minuman yang bisa memberikan rasa hangat bagi tubuh saat berada di wilayah yang cukup dingin, selain itu jahe juga memiliki manfaat sebagai anti kanker, dan anti peradangan, serta mampu membantu dalam proses detoksifikasi.

 

  1. Sirih

Tanaman herbal yang satu ini bisa menjadi pilihan bagi yang ingin menanam di pekarangan rumah, sirih biasanya hidup menumpang pada tanaman lain karena hidupnya yang merambat. Tapi tenang saja, sirih tidak mengambil cadangan makanan tanaman lain seperti layaknya benalu.

Jika kita tidak memiliki tanaman yang bisa ditumpangi oleh sirih di pekarangan rumah kita, sahabat sakura bisa membuat media rambatnya dari kayu seperti bambu, ataupun dibiarkan tumbuh merambat di tembok.

Eits, tapi ingat, perlu dilakukan perawatan khusus untuk tanaman herbal yang satu ini, karena hidupnya yang sangat cepat berkembang, pohon ini kerap menjalar ke area lain selain pekarangan rumah kita. Jadi, harus rajin memangkasnya ya.

Beberapa manfaat tanaman sirih ini adalah dapat menjaga kesehatan pencernaan, bisa digunakan sebagai obat kumur untuk membunuh kuman dan bakteri di dalam mulut, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, sebagai penangkal kanker, dan mampu menurunkan gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Daun sirih juga mampu menjaga kesehatan organ hati.

 

  1. Daun Kemangi

Siapa di sini yang suka lalapan kemangi ? hehe. Rasanya yang khas menjadikan kemangi sebagai salah satu lalapan favorit yang hampir selalu ada pada saat makan, baik itu makan siang maupun makan malam.

Tapi sahabat sakura tau gak sih kalau kemangi ini selain lezat jika dijadikan lalapan, juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita ? Tanaman ini sangat mudah untuk ditanam di pekarangan rumah, dan bahkan di dalam pot.

Berikut beberapa manfaat kemangi bagi kesehatan. Yang pertama adalah sebagai antiseptik alami, kemangi juga mampu menjadi penetralisir jika ada racun yang terbawa oleh makanan yang kita makan, khususnya makanan yang dibakar. Selain itu, kemangi juga bermanfaat sebagai penambah stamina bagi pria, dan mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu saja, kemangi juga mampu menjaga agar tulang kita tidak keropos, loh ! hebat kan ? kemangi juga bermanfaat sebagai agent yang mampu memperbaiki fungsi hati, menurunkan kadar gula, menghilangkan jerawat, dan memperlancar ASI bagi Ibu menyusui.

 

  1. Kumis Kucing

Kalau tumbuhan yang satu ini sahabat sakura tau gak ya ? hehe, tumbuhan ini mulai jarang dijumpai. Padahal tumbuhan kumis kucing ini memiliki manfaat yang tidak main-main khususnya bagi penderita batu ginjal.

Tanaman ini dapat membantu dalam melancarkan saluran kemis bagi penderita batu ginjal. Tak hanya itu, penyakit seperti diabetes, asam urat, rematik, dan batuk pun bisa terobati dengan tanaman kumis kucing ini.

Tapi ada hal yang perlu diperhatikan ya, walaupun kumis kucing mudah tumbuh jika ditanam di pekarangan, tanaman ini membutuhkan sinar matahari langsung. Karena jika tidak terkena matahari langsung, akan menyebabkan turunnya kadar manfaat atau ekstrak pada daun.

 

  1. Kunyit

Loh min, tadi jahe sekarang kunyit ?

Iya, kunyit ! sahabat sakura biasanya memanfaatkan kunyit ini untuk apa ? apakah hanya sekedar menjadi bumbu dasar masakan ? kunyit ini adalah salah satu tanaman yang mampu memberikan warna kuning pada makanan, dan juga sebagai penyedap rasa.

Di lain sisi, kunyit kerap dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakit ringan. Hal ini karena kunyit mampu berperan sebagai agent antiinflamasi, dan antioksidan yang cukup kuat. Kunyit mampu menjadi menjadi obat tradisional jika kita mengalami peradangan pada tubuh, penawar rasa mual, mengurangi resiko kanker, mengendalikan gula darah, dan juga bisa menjadi obat penenang alami.

Nah, itulah beberapa jenis tanaman herbal yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh manusia, sebenarnya ada banyak tanaman herbal lainnya yang mungkin selalu kita jumpai tapi kita tidak tau manfaat yang terkandung di dalamnya.

Banyak yang tidak bisa menanam tanaman herbal karena kurangnya lahan / tanah pada perumahan, tapi tenang saja, jika sahabat sakura membeli rumah di Sakura Sejahtera, sahabat sakura bisa memiliki sebidang tanah yang dapat dimanfaatkan sebagai lahan tanaman herbal ataupun dijadikan lahan untuk taman, dan lainnya.

Sakura Sejahtera sangat memperhatikan penghijauan di lingkungan perumahan, hal ini sejalan dengan konsep “Green” yang disematkan pada perumahan-perumahan Sakura Sejahtera. Kami ingin perumahan yang kami bangun tidak hanya bermanfaat sebagai rumah huni, tapi juga sebagai tempat hidup yang layak dan aman bagi setiap penghuni perumahan.

Terima kasih bagi sahabat sakura yang sudah berkunjung pada artikel mimin kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Ingat, tetap jaga diri dan keluarga kita dengan tinggal di dalam rumah, selalu ikuti peraturan dan protokol kesehatan yang berlaku agar pandemi cepat berakhir.

Jangan lupa untuk selalu memakai masker dan mencuci tangan deng  an sabun, hindari kerumunan dan ruangan tertutup, stay safe everyone ! 😀

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *