Cara Merawat Lantai Vinyl Agar Tetap Awet

Hallo guys ! Sahabat Sakura gimana nih kabarnya ? semoga baik-baik saja ya, mimin berdoa semoga kita semua selalu berada di dalam lindungan-Nya, Amiinn

Siapa di sini yang pakai vinyl sebagai lantai di rumah ? atau jangan-jangan malah ada yang belum tau apa itu vinyl ? mimin bantu jelasin sedikit ya.

Vinyl adalah salah satu bahan pelapis lantai yang saat ini semakin banyak di lirik oleh konsumen baik dari sektor rumah tangga maupun perusahaan. Vinyl sendiri sering disebut sebagai kulit sintetis, bahan pembuatan vinyl adalah compact layer, glass fiber, dan printing layer. Dan bagian terluar dari vinyl adalah UV Coated Wear Layer yang mampu memberikan kesan halus dan licin.

Vinyl banyak memiliki bentuk dan corak atau motiv, kebanyakan diantara vinyl mengambil motiv marmer atau kayu, namun tidak jarang juga motiv bebatuan, akan sangat sulit membedakan vinyl dan lapisan aslinya saat sudah terpasang di lantai. Kita akan bisa dengan cepat membedakan antara vinyl dan bahan aslinya saat kaki kita sudah menyentuh lapisan lantai tersebut. Vinyl memiliki tekstur yang lebih halus, dan karena materialnya yang tidak keras menjadikannya nyaman saat diinjak. Saat ini banyak orang memilih vinyl sebagai lapisan lantainya karena harganya yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan bahan aslinya.

Nah, sampai sini sahabat sakura sudah tau kan apa itu vinyl ?

Sekarang mimin mau kasih tips cara merawat vinyl agar awet dan tahan lama penggunaannya. Pada dasarnya sama seperti merawat lantai biasa, namun ada beberapa treatment khusus untuk vinyl agar selalu awet dan tahan lama. Ini dia tipsnya, Cekidooottt !

 

  1. Bersihkan dari noda

Membersihkan noda pada vinyl tidak terlalu sulit, caranya hanya semprotkan cairan pembersih yang sudah dimasukan ke dalam botol spray, setelah itu gunakan waslap kering untuk membersihkan noda yang sudah di semprotkan cairan pembersih sebelumnya. Jangan gunakan air dengan jumlah yang berlebihan atau dalam hal ini disiram. Karena hanya akan meningkatkan kemungkinan terburuk untuk vinyl tersebut, yaitu mengalami kerusakan parah akibat terlalu lembab. Oleh sebab itu jika ada air yang tumpah, segera keringkan ya !

 

  1. Sapu / Vacuum Cleaner vinyl agar tetap bersih

Bersihkan lantai vinyl dengan teratur untuk menghindari menumpuknya kotoran. Gunakan sapu yang halus untuk membersihkan vinyl, begitu juga dengan penggunaan vacuum cleaner, pastikan vacuum cleaner tersebut memiliki bulu-bulu halus, karena jika tidak memperhatikan hal-hal tersebut vinyl bisa saja tergores dan pastinya goresan-goresan pada vinyl tersebut akan mengganggu tampilan vinyl itu sendiri, goresan pada vinyl juga bisa menyebabkan kerusakan serius jika terus-menerus dibiarkan.

 

  1. Pel permukaan vinyl

Mengepel permukaan vinyl lebih baik dengan kain pel yang halus dan tidak terlalu basah, karena permukaan yang terlalu lembab dan basah akan menimbulkan kerusakan parah pada vinyl, dan jika kerusakan ini sudah timbul, sahabat sakura harus mengganti vinyl tersebut. Di sinilah letak kekurangan vinyl, akan sangat sulit untuk melepas vinyl yang sudah ditempel pada permukaan lantai, dan karena hal itu juga bisa membuat lapisan vinyl disekitarnya ikut terlepas. Gunakan sprayer untuk membasahi permukaan vinyl dan pastikan vinyl benar-benar kering ya.

 

  1. Gunakan larutan cuka atau baking soda

Gunanya larutan ini adalah untuk mengembalikan warna vinyl yang sudah kusam dan untuk membersihkan vinyl dari noda membandel yang sulit untuk dibersihkan. Tapi, gunakan secukupnya saja ya, jangan berlebihan.

 

  1. Gunakan baby oil atau minyak zaitun pada goresan

Larutan ini hanya digunakan untuk merawat vinyl yang sudah tergores halus saja ya, untuk goresan yang sudah dalam tidak bisa dihilangkan begitu saja dengan baby oil ataupun minyak zaitun. Penggunaan minyak zaitun atau baby oil ini dengan cara menuangkan secukupnya pada waslap halus dan lakukan gerakan menggosok pada permukaan vinyl yang tergores halus dengan perlahan.

Nah itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk merawat vinyl kita agar tetap bersih dan awet, jika dilakukan dengan teratur bisa memperpanjang umur vinyl itu sendiri, normalnya vinyl bisa bertahan sekitar 15 sampai 20 tahun. Jadi, jangan malas membersihkan lapiran lantai vinyl kita di rumah ya !

Sekian dari mimin, selalu terapkan protokol kesehatan dan tetap di rumah ya, stay safe everyone !

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *